ANALISA KARAKTERISTIK KECEPATAN ANGIN DAN TINGGI GELOMBANG MENGGUNAKAN DATA SATELIT ALTIMETRI (Studi Kasus : Laut Jawa)

Dean Rudityo Aji, Mokhamad Nur Cahyadi

Abstract


Potensi laut Indonesia amatlah besar terutama di bidang transportasi. Kondisi transportasi laut saat ini belum memberikan informasi yang komprehensif mengenai arah angin dan tinggi gelombang sebagai variabel utama keselamatan pelayaran. Perkembangan teknologi pengideraan jauh terutama satelit altimetri sangat membantu dalam analisa kondisi fisik lautan. Perhitungan kecepatan angin dan tinggi gelombang merupakan salah satu dari produk satelit Altimetri yang penting dalam memnberikan kontribusi informasi pelayaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data satelit Jason 2 tahun 2010 pass 51,64,127,140,203,216,227,242. Hasil tersebut akan diklasifikasikan menurut skala Beaufort untuk analisa keamanan dan keselamatan pelayaran. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai skala Beaufort pada Laut Jawa berkisar antara 1 sampai 6. Hasil analisa pembobotan memperlihatkan nilai yang relatif aman, terutama pada kondisi fisik muka air laut untuk transportasi.

Keywords


kecepatan angin; tinggi gelombang; skala beaufort

Full Text:

PDF

References


AVISO, 2011. OSTM/Jason-2 Product Handbook. s.l.:CNES, EUMETSAT, JPL, NOAA/NESDID.

Satellite Applications and Research, 2012. Radar Altimeter Database System. [Online] Available at: http://www.star.nesdis.noaa.gov/sod/lsa/ SeaLevelRise/LSA_SLR_rads.php

Stewart, R. H., 2008. Introduction To Physical Oceanography. Texas: Department of Oceanography Texas A & M University.

Traon, P.-Y. L., 2007. Satelite Altimetry. hangzou: s.n.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v11i1.1102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.