ANALISIS PERUBAHAN NILAI TANAH DI AREA LERENG GUNUNG KELUD PASCA ERUPSI 2014 (Studi Kasus: Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri)

Udiana Wahyu Deviantari, Yanto Budisusanto, Mohammad Ibnu Aqil

Abstract


Gunung Kelud merupakan salah satu gunung api aktif di Pulau Jawa. Gunung ini terakhir erupsi pada tahun 2014. Erupsi gunung ini mengakibatkan kerusakan pemukiman, kerusakan fasilitas umum, serta kerusakan lading-landang masyarakat sekitar Gunung Kelud yang menyebabkan  gagal panen. Terjadinya perubahan kondisi fisik suatu wilayah dapat memicu perubahan nilai tanah di tersebut. Melihat status gunung yang aktif, keadaan seperti ini bisa dipastikan akan terulang di kemudian hari. Sehingga perlu adanya penelitan tentang perubahan nilai tanah di area lereng Gunung Kelud untuk mengetahui seberapa pengaruh erupsi gunung terhadap nilai tanah. Penelitian ini dilakukan dengan menumpang susunkan peta zona nilai tanah Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri tahun 2013, 2014, dan 2015 menggunakan perangkat lunak pengolah data spasial. Untuk mengetahui besar nilai tanah yang terjadi di lokasi penelitian. Data perubahan nilai tanah tersebut kemudian dilakukan uji korelasi dan regresi linear berganda dengan variabel bebas yang sudah ditentukan yaitu jarak zona terhadap pusat letusan, jarak zona dari CBD, dan jarak zona dari jalan kolektor. Tujuannya ialah mengetahui seberapa besar pengaruh erupsi Gunung Kelud dan variabel lainnya terhadap perubahan nilai tanah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terjadi perubahan nilai tanah di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Menurut hasil uji korelasi, erupsi Gunung Kelud 2014 tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap perubahan nilai tanah. Dari hasil analisa regresi linear berganda yang dilakukan variabel yang dipilih hanya mampu menggambarkan 11,9% pada tahun 2013-2014 dan 47,7% pada tahun 2014-2015. Sehingga masih banyak faktor lain yang belum diketahui sebagai penyebab perubahan nilai tanah di Kecamatan Ngancar.


Keywords


Nilai Tanah;Kecamatan Ngancar;Gunung Kelud

Full Text:

PDF

References


Badan Pertanahan Nasional. 2015. Peta Zona Nilai Tanah Kabupaten Kediri. Kediri: Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kediri.

BPS Kabupaten Kediri. 2016. Kecamatan Ngancar Dalam Angka. Kediri: BPS Kabupaten Kediri .

Ramadhana, A., dkk. 2014. Kajian Bentang Sumberdaya Lahan Gunungapi Kelud. dalam Bunga Rampai Penelitian Edisi Juli 2014.

Sarwono, Jonathan. 2013. 12 Jurus Ampuh SPSS untuk Riset Skripsi. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Sujarto, D. 1986. Perencanaan Kota Baru. Bandung: ITB.

Walpole, R.E. 1995. Pengantar Statistika Edisi ke 3. Jakarta : Gramedia.

Wardhani, dkk.2014. Dampak Erupsi Gunungapi Kelud Tahun 2014 pada Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat. Bunga Rampai Penelitian Edisi Juli 2014.

Yoeti, Oka A. 2008. Ekonomi pariwisata : introduksi, informasi, dan aplikasi. Jakarta: Kompas.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v13i1.3625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.