METODE KALIBRASI IN-FLIGHT KAMERA DIGITAL NON-METRIK UNTUK KEPERLUAN CLOSE-RANGE PHOTOGRAMMETRY

Husnul Hidayat, Agung Budi Cahyono, Mohammad Avicenna

Abstract


Perkembangan perangkat lunak yang tersedia dan turunnya harga kamera digital non-metrik membuat metode Close Range Photogrammetry (CRP) menjadi salah satu teknik alternatif untuk diterapkan pada pekerjaan-pekerjaan survey dan pengukuran seperti penentuan dimensi fisik maupun penyajian informasi visual objek yang cepat dan akurat. Untuk itu dilakukan sebuah uji coba dengan menggunakan metode CRP dalam aplikasi pengukuran titik kontrol. Pada penelitian ini dilakukan analisa pengukuran titik kontrol sampling dengan metode terestris serta pengukuran titik kontrol dengan metode CRP menggunakan Kamera Sony Exmor. Pengambilan data foto udara untuk CRP dilakukan dengan 9 orientasi pengambilan foto pada saat pemotretan udara dan setelah itu dilakukan kalibrasi kamera In-Flight dengan menggunakan bundle adjustment self calibration yang menghasilkan parameter IOP (Interior Orientation Parameter) dan EOP (Exterior Orientation Parameter). Dari hasil pengujian kamera memiliki nilai RMS sebesar 0.56 piksel pada tahap kalibrasi In-Flight. Titik sampling yang dihasilkan dengan metode CRP dibandingkan dengan hasil titik sampling metode terestris menghasilkan RMS sebesar 0.104 m, yang berpengaruh terhadap pergeseran pada titik sampling foto, di mana pergeseran linier terbesar terjadi pada titik sampling CRP koordinat Y sebesar 0.187 m dan koordinat X sebesar 0,173 m sehingga dapat disimpulkan bahwa metode CRP dapat digunakan untuk pemetaan skala besar dengan area yang relatif kecil.

Keywords


Close-Range Photogrammetry; Pengukuran terestris; Kalibrasi kamera In-Flight

Full Text:

PDF

References


Anshari, M. F. (2015). Kalibrasi Kamera Non-metrik Digital pada Kegiatan Fotogrametri Bawah Air. Tugas Akhir. Departemen Teknik Geomatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Atkinson, K.B. (1996). Close Range Photogrammetry and Machine Vision. Scotland, UK: Whittles Publishing.

Hanifa, N. R. (2007). Studi Pengunaan Kamera Digital Low-Cost Non-Metric Auto Focus untuk Pemantauan Deformasi. Tesis. Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Honkavaara, E (2004). In-flight Camera Calibration for Direct Georeferencing. Finland: Finnish Geodetic Institute.

Kusumadarma, A. (2008). Aplikasi Close Range Photogrametry dalam Pemetaan Bangunan Rekayasa dengan Kamera Digital Non-metrik Terkalibrasi. Tugas Akhir. Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Merrit, E.L. (1948). Field Camera Calibration. Photogrammetric Engineering Record, 17(4): 611-535. USA.

Wolf, P.R. (1983). Elements of Photogrammetry, 2nd Edition. USA: McGraw-Hill Book Company




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v12i2.3637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.