PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN KADASTER 3D BERBASIS WEB (STUDI KASUS: RUMAH SUSUN GRUDO, SURABAYA)

Isna Dwi Lestari, Yanto Budisusanto

Abstract


Pada saat ini tingkat kebutuhan akan ruang sangat tinggi, sehingga dirasakan konsep ruang, baik hunian maupun komersial pada umumnya bangunan fisik yang berdiri di atas permukaan tanah (landed house) menjadi kurang efisien. Selain itu, pertumbuhan populasi manusia yang cukup tinggi menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan lahan. Untuk mengatasi kebutuhan tersebut sejak tahun 1985 di Indonesia diperkenalkan konsep hunian secara vertikal. Salah satu contoh hunian vertikal yaitu Rumah Susun. Untuk bangunan rumah susun penerapan sistem kadaster dua dimensi (2D) menjadi kurang tepat, karena tidak dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Keterbatasan persil 2D ini mendorong lahirnya konsep kadaster tiga dimensi (3D) yang diharapkan dapat memberikan kepastian hukum bagi kepemilikan atas bagian properti rumah susun. Pada pembuatan sistem informasi kadaster 3D, perlu dilakukan pembuatan model 3D dan basis datanya. Pembuatan model 3D dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SketchUp Make, sedangkan untuk pembuatan basis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak PostgreSQL. Setelah kedua komponen tersebut terbentuk, kemudian komponen tersebut dihubungkan dan divisualisasikan pada website. Dalam pembuatan website dilakukan dengan bahasa pemrograman HTML, CSS dan PHP. Pada penelitian ini berhasil dilakukan pembuatan model 3D dari Rumah Susun Grudo Surabaya dengan tingkat kedetailan dari model 3D yang dibuat didasarkan pada LOD1 (Level of Detail 1), dan pembuatan sistem basis data kadaster 3D. Selain itu, model 3D dari Rumah Susun Grudo berhasil divisualisasikan pada website Sistem Informasi Pendaftaran Kadaster 3D yang telah dibuat. Website tersebut dapat diakses secara online dengan domain www.tridisun-grudo.com. Dari website yang telah dibuat dilakukan pengujian dengan cara pemberian penilaian dari pengguna melalui kuesioner uji kebergunaan atau usability yang terdapat pada website. Berdasarkan hasil rekapitulasi uji kebergunaan total 94 responden dengan presentase hasil sebesar 84,56%, artinya website Sistem Informasi Pendaftaran Kadaster 3D dikategorikan sangat layak.

Keywords


Rumah Susun Grudo, Kadaster 3D, Sistem Informasi, Uji Kebergunaan, Website

Full Text:

PDF

References


Budisusanto, Y., Aditya, T., dan Muryanto, R. 2012. “Purwarupa Sistem Informasi Kadaster 3 Dimensi Berbasis Dekstop”. The 1st Conference on Geospatial Information Science and Engineering 21-22 November 2012, Yogyakarta

Darmawan, A.L. 2015. Purwarupa Sistem Informasi Kadaster 3D Berbasis Web (Studi Kasus: Rumah Susun Penjaringan Sari, Kota Surabaya). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Iswanto, F. 2009. Desain dan Visualisasi Basisdata Spasial Kadaster 3D Hibrid (Hybrid Cadastre). Yogyakarta: Jurusan Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

Julianto, P. A. 2016. Hingga 2025, Kebutuhan Rumah di Indonesia Tembus 30 Juta Unit,

Parlindungan, A.P. 2015. Kadaster. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Putra, D.P.E. 2016. Analisa Pembangunan Informasi Spasial 3 Dimensi untuk Pemanfaatan Kadaster 3 Dimensi Multi-Guna (Studi Kasus: Rumah Susun Grudo Surabaya). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang No 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun. Lembaran Negara RI Tahun 2011, No. 108. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rusmawar, W., Hadwi, S., dan Irawan, S. 2012. Kadaster Masa Lalu dan Masa Mendatang di Indonesia. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Walikota. 2013. Peraturan Walikota Surabaya Nomor 30 Tahun 2013 tentang Pelayanan di Bidang Pemakaian Rumah Susun. Surabaya

Waljiyanto. 2003. Sistem Basis Data: Analisis Dan Pemodelan Data. Yogyakarta: GRAHA ILMU.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v13i1.3642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.