ANALISA PEMANTAUAN PERKEMBANGAN PEKERJAAN SURVEI TOPOGRAFI SEISMIK PT PERTAMINA EP SECARA ONLINE MENGGUNAKAN OPERATION DASHBOARD

Teguh Hariyanto, Cherie Bhekti Pribadi, Rino Harmasdiyono

Abstract


PT Pertamina EP adalah perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan usaha di sektor hulu bidang minyak dan gas bumi, meliputi eksplorasi dan eksploitasi. Survei seismik adalah tahapan awal dalam pencarian minyak dan gas di bawah permukaan bumi. Tahapan pelaksanaan survei seismik meliputi pekerjaan topografi (pengukuran lintasan, rintis, dan bridging), pemboran (drilling) dengan pengisian bahan peledak (preloading), perekaman data (recording), dan pengolahan data seismik yang dilakukan di lokasi survei. Pemantauan kegiatan survei seismik dilakukan secara intensif dan efektif oleh PT Pertamina EP untuk mendapatkan kualitas data yang baik.
Pada penelitian ini, penulis mendokumentasikan inovasi mengenai pembuatan Operation Dashboard berbasis aplikasi WebGIS untuk monitoring aktivitas survei seismik PT Pertamina EP. Aplikasi tersebut dibangun secara enterprise menggunakan piranti lunak dari Esri untuk menampilkan informasi spasial kepada pengguna. Data yang bersifat dinamis juga dapat diimplementasikan menggunakan tools update hosted layer to ArcGIS Online
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi WebGIS yang dapat diakses oleh user secara real time dan komunikatif dalam bentuk Operation Dashboard. Total pekerjaan kemajuan pengawasan topografi survei seismik pada bulan April 2017 (4 bulan pengerjaan lapangan) adalah selesai 23%. Dengan penggunaan aplikasi Operation Dashboard, progress monitoring survei seismik dapat dilakukan secara efisien, keamanan data terjaga, dan kualitas akuisisi data seismik dilapangan khususnya data topografi dapat diperoleh sesuai standar yang berlaku di PT Pertamina EP.

Keywords


Monitoring; ArcGIS Online; Operation Dashboard; SIG

Full Text:

PDF

References


Anam, S. 2012. Peranan Geodesi Geomatika dalam Industri Migas dan Permasalahannya. Jakarta: MDGTI PT Pertamina EP.

Esri. 2017. Operation Dashboard for ArcGIS. . Dikunjungi pada tanggal 4 Oktober 2017, jam 09.00 WIB.

Hariyanti, E., Endah, P. 2014. ‚ÄúPerancangan Sistem Dashboard untuk Monitoring Indikator Kinerja Universitas‚ÄĚ. (SESINDO 2014), 2.

Rafferty, J. P. 2009. Seismic Survey. . Dikunjungi pada tanggal 1 Oktober 2017, jam 20.00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v15i1.3835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.