ANALISIS PERBANDINGAN KETELITIAN POSISI HASIL PENGUKURAN GNSS DARI KOMBINASI SATELIT GPS, GLONASS, DAN BEIDOU

Khomsin ., Ira Mutiara Anjasmara, Wahyu Ristanto

Abstract


GNSS (Global Satellite Navigation System) merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mencakup seluruh sistem satelit navigasi global yang sudah beroperasi ataupun sedang dalam perencanaan. Sistem navigasi satelit global ini beberapa diantaranya yaitu GPS, GLONASS, dan BeiDou. Kesalahan akibat sedikitnya satelit saat pengambilan data, secara teoritis dapat teratasi dengan kemajuan teknologi receiver yang mampu menangkap berbagai sinyal satelit. Hi Target V30 adalah salah satu receiver GNSS yang mampu menangkap sinyal satelit GPS, GLONASS dan BeiDou, dengan semakin banyaknya sinyal satelit yang dapat diterima diharapkan dapat meningkatkan akurasi dari penentuan posisi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan satelit BeiDou tidak terlalu memberi pengaruh terhadap satelit GPS, akan tetapi penggunaan satelit BeiDou menambah ketelitian dari satelit GLONASS. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan nilai pada selisih koordinat dan RMS error yang dihasilkan dari 1.068 m menjadi 0.371 m. Penggunaan kombinasi satelit GPS + GLONASS + BeiDou dan GPS + GLONASS rata – rata menghasilkan ketelitian yang paling kecil dengan nilai RMS error yang tetap berada diangka millimeter, sedangkan penggunaan satelit GLONASS saja menghasilkan ketelitian yang paling besar diantara stategi yang digunakan terlihat dari nilai RMS error yang mencapai 0.585 m pada baseline C2

Keywords


GNSS; Satelit; Penentuan Posisi; Akurasi

Full Text:

PDF

References


Lechner, W. & Baumann, S., Global Navigation Satellite systems. (2000).

Bakara, J,. Perkembangan Sistem Satelit Navigasi Global dan Aplikasinya.( 2011)

NovAtel Inc,. An Itroduction to GNSS .( 2015).)

Abidin, H. Z.,. Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. (2007

Rahmad, A.A., Comparative Analysis on Data Processing of Mount Merapi Gps Cors Station By Using Scientific and Commercial Software. (2016).

El-Rabbany, Introduction to GPS The Global Positioning System.(2002)

Izman , Y. & Rudianto, B.,. Analisis Komperatif Ketelitian Posisi Titik Hasil Pengukuran dari Satelit Gps dan Satelit Glonass. (2011)

Gumilar, I. Pamungkas, A. Abidin H. Z. Bramanto, B. & Adi, F. S.

The Contribution of BeiDou Positioning System for Accuracy Improvement : A Perspective from Bandung, Indonesia. ResearchGate (2016).

Hi Target. Hi Target Products V30 GNSS RTK System , 2015. [Online]. available : http://en.hi-target.com.cn/product/detail.aspx?node=101005001&pid=108&catid=3. [accessed 30 1 2018].

GLONASS. GLONASS HISTORY, 2018. [Online]. available : https://www.glonass-iac.ru/en/guide/index.php [accessed 13 1 2018].

IAC. Information and Anaysis center for Positioning, Navigation and Timing. Beidou Navigation Satelite System. 2017. [Online]. available : https://www.glonass-iac.ru/en/guide/beidou.php. [accessed 30 12 2017]




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v15i1.3913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.