APLIKASI GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) DAN CO-TIDAL UNTUK PENGAMATAN NILAI TINGGI MUKA AIR LAUT DI PERAIRAN LAUT JAWA

Khomsin ., Khariz Syaputra, Danar Guruh Pratomo

Abstract


Pasang surut air laut (pasut) merupakan salah satu komponen penting dalam survei batimetri. Pada survei batimetri, pengamatan pasut dilakukan dengan menggunakan rambu pasut di pinggir pantai. Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan Global Positioning System (GPS) semakin memungkinkan dalam survei batimetri. Selain dalam penentuan posisi horizontal, GPS juga dapat digunakan untuk menentukan posisi vertikal. Namun, karakteristik pasut yang berbeda-beda di setiap lokasi menyebabkan nilai pasut tersebut tidak valid jika digunakan dilokasi yang berjauhan. Di kawasan seperti di lepas pantai, karakteristik pasut biasanya ditentukan secara tidak langsung dengan melakukan prediksi menggunakan co-tidal chart. Dalam penelitian ini, dilakukan perbandingan tingkat akurasi nilai tinggi muka air laut hasil dari GPS dan hasil dari co-tidal terhadap hasil dari rambu pasut. Uji tingkat akurasi yang dilakukan menggunakan perhitungan RMSE. Dimana, nilai RMSE antara data hasil rambu pasut dan GPS pada tanggal 26, 27, dan 28 April 2018 sebesar 0,246 meter, 0,061 meter, dan 0,051 meter. Sedangkan, pada perbandingan nilai tinggi muka air laut hasil rambu pasut dan hasil co-tidal, nilai RMSE pada tanggal 26, 27, dan 28 April 2018 sebesar 0,237 meter, 0,286 meter, dan 0,109 meter.

Keywords


Co-tidal Chart; Global Positioning System (GPS); Tinggi Muka Air Laut

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. Z. (2007). “Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya”, (edisi:3), Jakarta:PT. Pradnya Paramita.

Ghilani, C. D., & Wolf, P. R. (2011). “Adjusment Computations: Spatial Data Analysis”, International Journal of Geographical Information Science, (4 ed., vol. 25), Hoboken, New Jersey: John wiley and Sons, Inc.

Haryono, S., & Narni. (2004). “Karakteristik Pasang Surut di Pulau Jawa” J. Forum Tek, vol. 28, p. 1-5.

Mills, D. J., & Dodd. (2014). “Ellipsoidally Referenced Surveying for Hydrography”, International Federation of Surveyor (FIG).

Stewart, R. H. (2008). “Introduction to Physical Oceanography”, Am. J. Phys.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i2.3959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.