ANALISIS KETELITIAN HASIL PENGAMATAN GNSS METODE RADIAL BERDASARKAN LAMA PENGAMATAN UNTUK EFISIENSI PENGUKURAN GROUND CONTROL POINT

Khomsin ., Ira Mutiara Anjasmara, Rizky Romadhon

Abstract


Saat ini GNSS memiliki peran yang sangat penting di bidang survei pemetaan, terutama dalam menentukan koordinat GCP untuk keperluan foto udara, citra satelit resolusi tinggi dan LiDAR. Masing-masing proses rektifikasi ini membutuhkan akurasi koordinat yang berbeda antara 5 cm hingga 30 cm. Sering kali pelaksanaan pengukuran GCP tidak sesuai dengan perencanaan karena faktor non teknis. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menentukan waktu minimum yang efektf untuk pengukuran GCP di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang ada dengan melakukan pengolahan data GNSS dengan interval 15 menit dengan metode radial. Dengan demikian dapat diketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan dan metode apa yang digunakan untuk mendapatkan akurasi minimum pengukuran GCP foto udara, CSRT dan LiDAR. Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa semakin lama pengamatan GNSS akan menghasilkan koordinat yang lebih akurat, dari ketelitian 0,923 m pada pengamatan 15’ hingga 0,011 m pada pengamatan 120’. GCP dengan baseline 0-10 km menggunakan metode radial selama 15’ dapat memperoleh akurasi kurang dari 5 cm. Hasil pengamatan tersebut dapat digunakan untuk rektifikasi foto udara resolusi 10 cm, CSRT dan LiDAR. Panjang baseline 10-20 km membutuhkan waktu 90’ untuk dapat digunakan untuk GCP foto udara resolusi 10 cm, sedangkan CSRT dan LiDAR membutuhkan waktu pengamatan GCP 75’.

Keywords


GNSS, GCP, Metode, Lama Pengamatan, Ketelitian

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. Z. (2000). Penentuan Posisi GPS dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Bakara, J. (2011). Perkembangan Sistem Satelit Navigasi Global dan Aplikasinya. Berita Dirgantara, 12, 38-47.

BIG. (2016). Modul I-VI Sumber Data dan Peta Dasar. In Modul Validasi Peta Rencana Tata Ruang. BIG.

Nasional, B. S. (2002). SNI 19-6724-2002 Jaring Kontrol Horizontal. BIG.

Prasetyaningsih, D. (2012). Partisipasi Indonesia dalam Pembahasan Sistem Satelit Navigasi Global (Global Navigation Satellite System) . Berita Dirgantara, 13, 123.

Pribadi, K. K. (2016). Pengukuran dan Pengamatan Ground Control Point (GCP) dalam Misi Pemotreatan Udara di Area Pembangkit Listrik Tenaga Air Ketenger Kabupaten Banyumas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahadi, M. E., Awaluddin, M., & Sabri, L. (2012). Analisis Ketelitian Pengukuran Baseline Panjang GNSS Dengan Menggunakan Perangkat Lunak Gamit 10.4 dan Topcon Tools V7. Jurnal Geodesi Undip, 2, 208.

Shamsi, U. M. (2005). GIS Application for Water, Wastewater and Stormwater System. Florida.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v15i1.3998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.