EVALUASI JUMLAH AREA DAN SEBARAN SEMBURAN LUMPUR DI WILAYAH BENCANA LUMPUR PORONG SIDOARJO DENGAN CITRA SATELIT MULTITEMPORAL

Teguh Hariyanto, Hepi Hapsari Handayani

Abstract


Pada tanggal 29 Mei 2006, di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, muncul semburan lumpur yang lokasinya berada sekitar 150 m  dari lokasi eksplorasi sumur Banjarpanji #1. Semburan lumpur panas di lokasi sudah berlangsung 65 bulan, tetapi proses penutupan lubang semburan lumpur panas belum juga berhasil. Semburan lumpur ini tiap harinya semakin besar. Perhitungan volume lumpur yang keluar setiap harinya merupakan parameter penting dalam menentukan skenario jika lumpur tidak dapat dihentikan seterusnya. Dari data yang diambil pada tanggal yang berbeda dengan citra resolusi tinggi maka diharapkan dapat memonitoring sebaran lumpur serta prediksi yang tepat jumlah lumpur yang keluar setiap harinya dengan tepat dan pedugaan untuk waktu selanjutnya.

 Tahap pengolahan citra meliput proses koreksi geometrik, interpretasi citra, dan klasifikasi citra. Citra yang digunakan adalah citra multispektral Ikonos dan GeoEye dengan resolusi sekitar 2,4 m. Citra tersebut diambil multitemporal yaitu pada bulan Juni, Agustus, dan Oktober 2011. Proses koreksi geometrik menggunakan titik kontrol tanah hasil pengukuran GPS geodetik.

 Hasil dari koreksi geometrik yaitu RMSe rata-rata sebesar 0,078 piksel. Klasifikasi yang digunakan adalah supervised menggunakan metode mahalanobis dan maximum likelihood. Dari kedua metode tersebut tidak terdapat perbedaan signifikan pada luas area tiap-tiap kelas. Dari hasil klasifikasi ketiga citra tersebut, dapat disimpulkan bahwa luas area lumpur tidak mengalami penurunan yang berarti dan sebaran lumpur mengarah ke Barat dan Utara.


Keywords


citra resolusi tinggi,interpretasi dan klasifikasi citra, multitemporal,sebaran lumpur.

Full Text:

PDF

References


Purwadhi, F. Hardiyanti, Sri. 2001. Interpretasi Citra Digital. PT. Gramedia, Jakarta

Lillesand, Kiefer. 1994. Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Jensen, John, R. 1996. Introductory Digital Image Processing A Remote Sensing Prespective, second edition. Prantice Hall Upper Saddle River, New Jersey

Konecny G,Lehmann G, 1984 ,Photogrammetrie, Walter de Gruyter, Berlin Newyork.

Teguh H, 2005, Photogrammetri I, Diktat Kuliah, Teknik Geomatika FTSP-ITS,Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v7i1.4212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.