ANALISA PERBANDINGAN KETELITIAN PENENTUAN POSISI DENGAN GPS RTK-NTRIP DENGAN BASE GPS CORS BIG DARI BERBAGAI MACAM MOBILE PROVIDER DIDASARKAN PADA PERGESERAN LINEAR (STUDI KASUS: SURABAYA)

Atika Sari, Khomsin Khomsin

Abstract


Penentuan posisi dalam pemetaan menggunakan penginderaan jauh dan foto udara memerlukan pengamatan GPS geodetik sebagai titik kontrol yang memilki ketelitian tinggi. Sistem koreksi data penentuan posisinya diperoleh dari transmisi data dari stasiun base ke receiver. Dalam perkembangan sekarang ini metode pengukuran RTK telah menggunakan metode NTRIP (Networked Transport of RTCM via Internet Protocol) sebagai metode transmisi koreksi data dengan menggunakan intenet sehingga pengukuran tersebut masih bisa dilakukan dengan jarak yang lebih jauh dari base-nya. Pada metode NTRIP ini menggunakan metode pengiriman koreksi data GNSS melalui jaringan internet. Pengembangan sistem dengan fasilitas akses internet mobile melalui general packet radio service (GPRS) dan global system for mobile (GSM), menyediakan metode cepat dan handal untuk mendistribusikan baris data GPS atau koreksi diferensial real-time (DGPS / RTK) ke penerima GPS di daerah manapun yang berada di bawah jangkauan jaringan telepon seluler. Sehingga untuk mengetahui provider yang sesuai digunakan dalam wilayah surabaya dalam menggunakan metode RTK NTRIP maka dilakukanlah penelitian ini. Dari hasil pengamatan dari pengukuran dengan menggunakan  metode RTK-NTRIP dengan base GPS CORS BIG didapat nilai rata-rata dari masing-masing provider sekitar < 4 m.

Keywords


GPS; CORS; NTRIP; RTK; provider

Full Text:

PDF

References


Aditya, Arif dkk. 2014. Infrastructure of GNSS CORS in Indonesia. Kuala Lumpur : FIG Conggress 2014.

Anonim. ______. RTCM Documentation Networked Transport of RTCM via Internet Protocol (Ntrip) Version 1.0. ______.

BPN (Badan Pertanahan Nasional). 2011. On The Job Training Pengenalan CORS (Continously Operating Reference Station). Jakarta : Badan Pertanahan Nasional.

Dammalage, T.L dkk. 2006. Potential Accuracy and Practical Benefits of NTRIP Protocol over Conventional RTK and DGPS Observation Methods. Bangkok : 5th Annual International Conference Map Asia.

Lenz, Elmar. 2004. Networked Transport of RTCM via Internet Protocol (NTRIP) – Application and Benefit in Modern Surveying System. Athens : FIG Working Week 2004.

Sandi, Alisa Harlia dkk. 2012. Status Stasiun Continously Operating Reference Station (CORS) Badan Informasi Geospasial (BIG) 2012. Bogor : Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika Badan Informasi Geospasial.

Sunantyo, T. Aris Dkk. 2010. Studi Penggunaan Metode RTK-NTRIP dengan Provider Mobile Internet Protocol Telkomsel, XL dan Indosat untuk Pengecekan Titik Dasar Teknik Orde-4 di Desa Banyuraden Gamping Sleman, DIY. Yogyakarta : Seminar Nasional GNSS-CORS Yogyakarta.

Schwieger, Volker. 2007. GNSS CORS Networks Principles. San Jose : 6th FIG Regional Conference.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v10i1.690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.