ANALISA AKTUALISASI LAHAN REKLAMASI TAMBANG MENGGUNAKAN GPS BERBASIS SMARTPHONE

Galih Bhagaskhara Irawan, Yanto Budisusanto

Abstract


Indonesia memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sama kayanya, di mana harta ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di antara semua kekayaan alam yang tersedia, kekayaan yang paling menjanjikan untuk dikelola yaitu berada di sektor pertambangan. Dalam pertambangan, terdapat kegiatan penunjang untuk melestarikan lingkungan daerah pasca-tambang, seperti contohnya reklamasi. Pada pelaksanaannya dibutuhkan metode pemantauan yang praktis dan mudah untuk kinerja yang lebih efektif dan efisien. Seiring perkembangan teknologi yang pesat, munculah berbagai inovasi yang dapat meringankan dan membantu manusia agar dapat bekerja lebih efisien terutama dibidang geospasial.

Smartphone (smartphone) merupakan salah satu teknologi yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia dan dapat membantu pekerjaan manusia dibidang geospasial, khususnya dibidang pertambangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur luasan lahan reklamasi tambang menggunakan teknologi smartphone (smartphone) dan membandingkannya dengan data eksplorasi. Uji coba dilakukan dilahan reklamasi tambang PT. AMNT Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, danmenggunakan aplikasi GPS praktis bernama Avenza Map.

Hasil studi ini menunjukkan bahwa aplikasi GPS smartphone yang digunakan memiliki selisih luasan yang lebih sedikit sebesar 1.04% hinnga 6.72% terhadap luasan lahan eksplorasi dibandingkan dengan luasan yang dihasilkan dari GPS handheld yang persentase selisihnya adalah 7.59% dan yang paling kecil yaitu 2.20%. Sehingga dapat dikatakan layak untuk menjadi alat pengukuran.

Keywords


Sistem Informasi Geografis (SIG), Pertambangan, Reklamasi, Smartphone

Full Text:

PDF

References


Abidin, D. Z. 2007. Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya, PT PradnyaParamita, Jakarta.

Andikasani, Awaluddin, Suprayogi. 2014. Aplikasi Persebaran Objek Wisata Di Kota Semarang Berbasis Mobile GIS Memanfaatkan Smartphone Android. Semarang.

Aronoff, 1989. Geographic Information Sistem: A Management Perpective, Ottawa, Canada : WDL Publication.

Bakosurtanal, 2007. Infrastruktur Data Spasial Nasional, Bakosurtanal, Cibinong Bogor

Dewa N. C, dkk. 2011. Panduan Pengukuran Areal Perkebunan Menggunakan GPS. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementrian Pertanian, Jakarta

Nusantara, et al. 2004. Reklamasi Lahan Terdegradasi. Jakarta

Young and Chan, 1997; Returning Coal Mined Land To Productivity Trough Reclamation, Cornerstone Brigham University, Hawai.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i2.6902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.