KAJIAN CITRA RESOLUSI TINGGI WORLDVIEW-2 SEBAGAI PENUNJANG DATA DASAR UNTUK RENCANA DETAIL TATA RUANG KOTA (RDTRK) (STUDI KASUS: KECAMATAN RUNGKUT, SURABAYA)

Heri Setiawan, Yanto Budisusanto

Abstract


Suatu kawasan perkotaan merupakan kawasan dengan jumlah penduduk lebih banyak dibandingan dengan daerah pinggiran maupun plosok. Salah satunya adalah Kotas Surabaya yang memiliki unit-unit  pengembangan. Salah satu unit pengembangann dari Kota Surabaya adalah Kecamatan Rungkut. Kecamatan Rungktu, kecamatan rungkut memiliki kawasan industri yang luas dibandingkan lainnya sehingga mengakibatkan banyaknya pertambahan penduduk di kota besar,adanya ketidak seimbangan itu perlu memeperhatikan suatu penataan rung yang baik.   Penataan ruang yang baik yaitu mempertimbangkan keselarasan antara kegiatan utama dengan kawasan fungsional. Penataan ruang yang baik di wujudkan dalam Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK). RDTRK merupakan kawasan dengan blok pemanfaatan ruang, terkait dengan penyusunan RDTRK dibutuhkan suatu data dasar. Data dasar yang dimaksud dapat berupa Citra resolusi tinggi ataupun foto udara. Data dasar yang dimaksud dapat diperoleh dengan berbagai cara, salah satu untuk mendapatkan data dasar yang layak yaitu menggunakan teknologi penginderaan jauh. Pada penelitian ini dilakukan pengolahan citra menggunakan  klasifikasi dijital dan interpretasi manual. Klasifikasi dijital menggunakan jenis maximum likelihood sedangkan interpretasi manual menggunakan 7 kunci interpretasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah koreksi geometrik sebesar 0,29. Penelitian ini akan mengkaji kelayakan citra yang digunakan untuk penunjang data dasar dari RDTRK. Hasi Dari uji ketelitian klasifikassi citra worldvie-2 sebesar 89,7% dengan jumlah kelas tutupan lahan sebanyak 7 kelas yaitu semak belukar, lahan kosong, sungai, pemukiman, jalan, tambak dan industri.
Yang kemudian di kaji kesesuaianya dengan RDTRK.


Keywords


RDTRK; Worldview-2; kecamatan rungkut; detil

Full Text:

PDF

References


Andreson, James R., Hardy, Ernest E., Roach, John T., andWitmer, Richard E. 1976. A Land Use and Land Cover

Classification System for Use with Remote Sensor Data. Washington : United States Government Printing Office.

Anderson, J. R. 1971. “Land Use Classification Schemes Used in Selected Recent Geographic Applications of Remote Sensing”. Photogramm.Eng. 37, 4: 379-387.

Danoedoro, Projo. 1996. Pengantar Penginderaan Jauh Digital. Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Danoedoro, P. 2012. Pengantar Penginderaan Jauh Digital.Yogyakarta : Andi.

Lillesand, T. M., Kiefer, & Chipman, J. 2008. Remote Sensing and Image Interpretation 6th Edition. New York: John Wiley and Sons.

Richards, J. A., & Jia, X. 2006. Remote Sensing Digital Image Analysis an Introduction, Fourth Edition. Berlin: Springer-Verlag.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v10i1.691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.