ANALISA ANOMALI GAYABERAT TERHADAP KONDISI TATANAN TEKTONIK ZONA SUBDUKSI SUNDA MEGATHRUST DI SEBELAH BARAT PULAU SUMATERA

Anita Thea Saraswati, Ira Mutiara Anjasmara

Abstract


Aktivitas tektonik yang terjadi di bumi merupakan hal yang masih terus diteliti sampai sekarang. Sumatera yang terletak pada area Sunda Megathrust, yang merupakan zona subduksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia, mengakibatkan daerah ini rentan dengan aktivitas seismogenic. Salah satu akibat dari adanya pergerakan kedua lempeng ini adalah terbentuknya tatanan tektonik di wilayah Sumatera. GOCE (Gravity field and steady-state Ocean Circulation Explorer) menawarkan metode yang cepat dengan cakupan global untuk mendapatkan data gayaberat bumi. Dengan memanfaatkan hitungan dari spherical harmonic coeffisien (SHC) serta dilengkapi dengan data Digital Elevation Model (DEM), dapat diketahui nilai anomali gayaberat pada suatu wilayah. Distribusi anomali gayaberat mampu mencerminkan kondisi tektonik di suatu area. Variasi spasial dari anomali gayaberat menunjukkan bahwa pada palung yang terbentuk akibat subduksi kedua lempeng memiliki nilai anomali gayaberat negatif dengan nilai rata-rata sebesar -42.8729 mgal. Forearc ridge yang terbentuk akibat konvergensi lempeng memiliki nilai anomali gayaberat positif, sedangkan forearc basin yang merupakan cekungan diantara backarc dan forearc ridge, memiliki nilai anomali gayaberat negatif yang lebih kuat daripada yang terdapat pada Sunda Megathrust. Variasi temporal yang teramati menunjukkan bahwa distribusi anomali gayaberat positif yang terdapat pada prisma akresi di kedua tepian palung bergerak semakin mendekati Sunda Megathrust pada tiap seri pengamatannya, sedangkan distribusi anomali gayaberat negatif pada palung laut dan forearc basin membentuk suatu  pola distribusi yang semakin menyempit sehingga menyebabkan semakin curamnya gradient anomali gayaberat pada area di sekitarnya.

Keywords


anomali gaya berat; GOCE; sunda megathrust; zona subduksi

Full Text:

PDF

References


ESA. 2010. GOCE Level 2 Product Data Handbook. The European GOCE Gravity Consortium EGG-C.

Heiskanen, W. A., & Moritz, H. 1967. Physical Geodesy. San Fransisco and London: W. H. Freemand and Company.

Heiskanen, W. A., and H. Moritz. 1967. Physical Geodesy. San Fransisco and London: W. H. Freemand and Company.

ICDC. 2013. Geoid EIGEN-6C2. Retrieved 11 13, 2013, from KlimaCampus: http://www.klimacampus.de/

Jarrard, R. 1986. Relations Among Subduction Parameters. Rev. Geophys., 24, 2 , 217-284.

Marotta, A. M., Spelta, E., & Rizzetto, C. 2006. Gravity signature of crustal subduction inferred from numerical modelling. Geophys. J. Int. , 166, 923–938.

McCaffrey, Robert. 2009. “The Tectonic Framework of the Sumatran Subduction Zone.” Annu. Rev. Earth Planet. Sci. 2009.37: 345-366.

S., L. 2007. Geodynamics of the Andaman - Sumatra - Java Trench-Arc System Based on Gravity and Seismotectonic Study. Kerala: Department of Marine Geology & Geophysics Cochin University of Science and Technology.

Sieh, K. 2007. The Sunda Megathrust: Past, Present and Future. First International Conference of Aceh and Indian Ocean Studies. Asia Research Institute, National University of Singapore & Rehabilitation and Construction Executing Agency for Aceh and Nias (BRR), Banda Aceh, Indonesia.

Torge, W. 2001. Geodesy 3 ed. Berlin: de Gruyter.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v10i1.695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.