PENGGUNAAN PARTIAL LEAST SQUARE REGRESSION (PLSR) UNTUK MENGATASI MULTIKOLINEARITAS DALAM ESTIMASI KLOROFIL DAUN TANAMAN PADI DENGAN CITRA HIPERSPEKTRAL

Abdi Sukmono, Sawitri Subiyanto

Abstract


Klorofil merupakan pigmen yang paling penting dalam proses fotosintesis. Tanaman sehat yang mampu tumbuh maksimum umumnya  memiliki jumlah klorofil yang lebih besar daripada tanaman yang tidak sehat. Dalam Estimasi kandungan klorofil tanaman padi dengan airborne hiperspektral dibutuhkan model khusus untuk mendaaptkan akurasi yang baik. Citra Hhiperspektral mempunyai ratusan band dan julat yang sempit pada setiap bandnya, sehingga mempunyai kemampuan yang cukup baik untuk estimasi klorofil. Akan tetapi karena julat yang cukup sempit ini menyebabkan adanya efek multikolinearitas. Objek dari penelitian ini mengembangkan reflektan in situ menjadi model  estimasi kandungan klorofil tanaman padi untuk citra airborne hiperspektral dengan menggunakan metode partial least square regression untuk menghilangkan efek multikolinearitas.  Dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik hubungan reflektan dan klorofil dipilih band-band yang berhungan dan efektif untuk estimasi klorofil. Dari hasil seleksi tersebut terpilih 44 band yang efektif untuk estimasi kandungan klorofil daun tanaman padi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan mertode PLSR dapat menghasilkan model yang cukup baik untuk estimasi kandungan klorofil tanaman padi dengan nilai Koefisien determinasi (R2) mencapai 0.75 pada PC no 11 dan mempunyai RMSE sebesar 1.44 SPAD unit. Validasi menggunakan data citra airborne hiperspektral menghasilkan RMSE sebesar 1.07 SPAD Unit.


Keywords


PLSR; klorofil; hiperspektral; padi

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Arief.(2012), Pembangunan Model Hiperspektral Untuk Estimasi Produksitivitas Vegetasi Padi Berdasarkan Metode Derivatif Regresi Linear, Disertasi Dr., Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Soemartini.(2012), Aplikasi Principle Component Analysis (PCA) Dalam Mengatasi Multikolinearitas Untuk Mengatasi Investasi di Indonesia Periode 2001.1-2010.4, Jurusan Statistika, Universitas Padjajaran., Jatinangor.

Subekti, Retno. (2011). Pemanfaatan Software MINITAB Untuk Regresi PLS (Partial Least Square). Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Tanti, Wiwik Aries. (2013). Perbandingan Metode Kuadrat Terkecil dengan Metode Regresi Komponen Utama Pada Kasus Multikolinearitas. Jurnal Sains Universitas Andalas.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v10i1.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.