KAJIAN SISTEM INFORMASI KELAUTAN BERBASIS TIGA DIMENSI UNTUK PENDUKUNG NAVIGASI

Danar Guruh Pratomo

Abstract


Berawal dari keinginan manusia untuk mendapatkan gambaran yang sesuai dengan kenyataan (real world), saat ini teknologi visualisasi gambar secara tiga dimensi berkembang sangat pesat. Hal ini didukung dengan semakin majunya teknologi perangkat keras pada komputer dan semakin banyaknya perangkat lunak untuk visualisasi tiga dimensi. Penerapan visualisasi tiga dimensi ini juga dapat dilakukan pada Sistem Informasi Kelautan. Sistem Informasi Kelautan dengan basis tiga dimensi dapat digunakan untuk aplikasi di bidang kadaster kelautan (marine cadastre), pencemaran laut (ESI : Environmental Sensitivity Index) maupun navigasi.

Pada makalah ini akan membahas mengenai Sistem Informasi Kelautan berbasis tiga dimensi (SIK 3D) untuk pendukung navigasi. SIK 3D untuk navigasi ini menggunakan prinsip-prinsip pembuatan SIG (Sistem Informasi Geografis), ECDIS (Electronic Chart Display and Information System) dan DBM (Digital Bathymetric Model). Untuk membentuk SIK 3D ini diperlukan investasi dana yang tidak sedikit dan sumber daya manusia yang handal untuk pengelolaannya. SIK 3D untuk navigasi ini dapat menampilkan perubahan lingkungan sekitar secara kontinyu pada saat melakukan pergerakan kapal. Meskipun masih dalam tahap wacana dan masih dalam bentuk prototipe, SIK 3D memiliki peluang untuk dapat dikembangkan dan diterapkan secara luas di kalangan masyarakat hidrografi.


Keywords


SIK 3D; Navigasi; SIG; ECDIS; DBM

Full Text:

PDF

References


Aronoff, S. 1991. Geographic Information System : A Manajement Perspective. WDL Publication, Ottawa, Canada.

Aziz TL. 1996. Sistem Informasi Geografis : Materi Kuliah. Jurusan Teknik Geodesi. ITB, Bandung

Burrough, PA. 1986. Principle of Geographical Information Systems for Land Resource Assesment. Oxford University Press, New York.

Djunarsjah, E. 2006. ECDIS (Electronic Chart and Information System) : Presentasi Kuliah Magister Hidrografi. ITB, Bandung.

Djunarsjah E. 2004. Navigasi Laut : Modul Kuliah Hidrografi I Bagian IX. ITB, Bandung.

Gold, C et al. 2006. The “Marine GIS” – Dynamic GIS in Action. Dept. Land Surveying and Geoinformatic, Hong Kong Polytechnic University, Hong Kong.

Pratomo, DG. 2006. Pengaruh Ukuran Grid Pada Kualitas Digital Bathymetric Model (DBM) (Studi Kasus : Daerah Bau-Bau, Sulawesi Tenggara) : Prosiding PIT. Teknik Geomatika-ITS, Surabaya.

Pratomo, DG. 2006. ECDIS Untuk Mendukung Keamanan dan Efisiensi Navigasi di Kapal : Tugas Makalah. ITB, Bandung

Yudiyatna. 2000. Sistem Pendukung Keputusan Perubahan Penggunaan Lahan dengan Basis Sistem Informasi Geografik : Tugas Akhir. Jurusan Teknik Geodesi FTSP-ITB, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v3i2.7213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.