ANALISA PENDIDIKAN DASAR DI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB

Hanif Ali, Agung Budi Cahyono

Abstract


           Untuk mendapatkan informasi tentang pendidikan dasar biasanya menggunakan buku panduan pendidikan atau informasi dari orang sekitar. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa dan membuat sistem informasi pendidikan dasar yang bisa menjadi alternatif lain dalam menyediakan informasi mengenai pendidikan dasar beserta fasilitas pendukungnya. Pengembangan aplikasi ini diawali dengan merancang basisdata serta implementasinya menggunakan PHP dan MySQL dengan editor Macromedia Dreamweaver 8.0. Untuk menampilkan peta di internet explorer menggunakan MapView SVG. Dalam menguji kinerja sistem dilakukan skenario uji coba yang bertujuan untuk mengetahui kebenaran pemrosesan data mulai dari input sampai output. Terakhir melakukan analisa perbandingan antara sekolah se-Kecamatan Lowokwaru yang berupa nilai UAN, jumlah guru dan murid, sarana pendidikan dan perbandingan antara jumlah penduduk usia sekolah dengan jumlah daya tampung sekolah.


Keywords


PHP; MySQL; MapView SVG

Full Text:

PDF

References


Aldiansyah. 2007. Tugas Akhir: Pembuatan Sistem Informasi Pariwisata Kota Bengkulu Berbasis Web. Yogyakarta: Teknik Geodesi dan Geomatika, Universitas Gajah Mada.

Blogger http://www.blogger.com/ Dikunjungi pada tanggal 22 Januari 2008, jam 14.00

Budiyanto, E. 2002. Sistem Informasi Geografis menggunakan Arc View GIS. Yogyakarta: ANDI.

Trisasongko, D. 2007. Aplikasi Mapview SVG Untuk Pembuatan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web (studi Kasus Kota Malang). Surabaya : Teknik Geomatika FTSP-ITS.

Demers, M.N. 1997. Fundamentals of Geographic Information Sytsems. New York: John Wileys & Sons, Inc.

Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk ciptakarya.pu.go.id/profil/profil/barat/jatim/malang.pdf Dikunjungi pada tanggal 1 Juni 2008, jam 05.00.

Pemerintah Kota Malang. 2008 http://www.pemkotmalang.go.id Dikunjungi pada tanggal 22 Januari 2008, jam 13.30

Prahasta, E. 2001. Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung : CV Informatika.

Raper, J. dan Green, N., 1994. Gis Tutor 2 for Microsoft Windows. Cambridge: Cambriedge Science Park.

Trilaksmi, Y. 2006. Analisa Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis Di Kecamatan Gresik, Kota Gresik. Surabaya : Teknik Geomatika FTSP-ITS.

Zymic.com http://www.Zymic.com Dikunjungi pada tanggal 1 Juni 2008, jam 05.00.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v4i1.7290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.