PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK ANGKUTAN KOTA SURABAYA DENGAN SISTEM INTERAKTIF

Teguh Hariyanto, Sarmuji Sarmuji

Abstract


Penggunaan angkutan umum, terutama Angkutan Kota dan Bus Kota di Surabaya dinilai sangat penting karena dapat menjangkau berbagai fasilitas publik secara langsung. Angkutan Kota merupakan salah satu bentuk alat transportasi publik yang menggunakan kendaraan kecil. Pengguna jasa Angkutan Kota sebagian besar adalah golongan masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang tidak mempunyai kendaraan pribadi dan yang masih awam terhadap kondisi lalu lintas Kota Surabaya. Padahal dalam aktivitas sehari-harinya berhubungan dengan kondisi lalu lintas tersebut.

Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu sistem (berbasiskan komputer) yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi informasi-informasi geografis. SIG dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis objek-objek atau fenomena-fenomena dimana lokasi geografis merupakan karakteristik yang penting untuk dianalisis

SIG diperlukan untuk memudahkan dalam penyampaian informasi tentang jalur angkutan umum, jangkauan trayek, maupun fasilitas umum yang dilalui oleh angkutan umum Kota Surabaya. Pengembangan SIG ini ditujukan kepada masyarakat umum yang dalam kesehariannya menggunakan jasa angkutan umum untuk kegiatan transportasi intra kota, khususnya masyarakat yang baru pertama kali datang ke Kota Surabaya.

Pengembangan SIG ini didesain secara interaktif, sederhana, dan  mudah digunakan (easy usefully) dengan maksud supaya program ini nantinya dapat bermanfaat bagi sistem transportasi angkutan umum di Kota Surabaya.


Keywords


SIG; Angkutan Kota; Bus Kota; Transportasi; easy usefully

Full Text:

PDF

References


Andi. 2002. Sistem Informasi Geografi Dengan AutoCad Map. Yogyakarta : Wahana Komputer.

Azizan, Noval. 2005. Skripsi : Pembuatan Sistem Informasi Staiun Pengisian Bahan Bakar Umum Dengan Aplikasi Visual Basic Dan Map Project. Surabaya : Program Studi Teknik Geomatika FTSP-ITS.

Burrough, PA & McDonnel, RA. 1998. “Desain dan Aplikasi GIS (Geographical Information System)”. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Harpiandi. 2003. Pemrograman Database dengan ADO Menggunakan Visual Basic 6.0. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Surabaya. 2007.

Kadis LLAJ Jawa Timur. 2001. Penetapan Jaringan Trayek Angkutan Kota Di Kota Surabaya. Dinas Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Propinsi Jawa Timur.

Komputindo, Media Elex. 1995. Kamus komputer. Jakarta : Gramedia.

Kurniadi, Adi. 2000. Pemrograman Microsoft Visual Basic 6. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Prahasta, Eddy. 2001. Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi. Bandung : Penerbit Informatika.

Prahasta, Eddy. 2001. Aplikasi Pemrograman MapInfo Untuk Pengembangan Aplikasi SIG dengan Menggunakan Borland Delphi, Microsoft Visual Basic, dan MapBasic. Bandung : Informatika.

Prahasta, Eddy. 2002. Sistem Informasi Geografi : Tutuorial Arc View. Bandung : Penerbit Informatika.

Prihandito, Aryono.1988. Proyeksi Peta. Yogyakarta : Kanisius.

Tamin, Ofyar. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung : ITB.

Widodo, Tri. 2006. Tugas Akhir : Evaluasi Jaringan Transportasi Kota Surabaya Dengan Teknologi Sistem Informasi Geografis. Surabaya : Program Studi Teknik Geomatika FTSP-ITS.

Wisayantono, D. 1994. Digitasi Peta Dengan AutoCad. Bandung : Lab. Pemetaan Darat, Jurusan Teknik Geodesi ITB.

http://www.surabaya.go.id/pdf/ILPPD/ILPPD%202007.pdf Dikunjungi 2 Nop 2008 pkl 06.00 wib

http://www.surabaya.go.id

Dikunjungi 2 Nop 2008 pkl 05.58 wib




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v4i2.7306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.