STUDI PERUBAHAN SUHU PERMUKAAN LAUT DALAM RANGKA PEMBUATAN SISTEM INFORMASI KELAUTAN (STUDI KASUS: PEMBUANGAN LUMPUR LAPINDO DI SELAT MADURA)

Bangun Muljo Sukojo, Danar Guruh Pratomo, Lalu Muhamad Jaelani

Abstract


Peristiwa semburan lumpur panas di lokasi pengeboran PT. Lapindo Brantas di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, terjadi sejak 27 Mei 2006. Semburan lumpur ini membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat sekitar maupun bagi aktivitas perekonomian di Jawa Timur. Salah satu skenario penanganan teknis untuk menghentikan semburan lumpur panas adalah dengan membuang langsung lumpur panas tersebut ke Selat Madura melalui Kali Porong. Usaha ini diindikasikan membawa perubahan terhadap Suhu Permukaan Laut (SPL) di sekitar Muara Kali Porong dan Selat Madura.

Pada penelitian ini untuk mengetahui kecenderungan SPL di sekitar Muara Kali Porong dan Selat Madura sebelum dan setelah pembuangan lumpur panas ke Kali Porong, dilakukan dengan menggunakan teknologi penginderaan jauh. Citra satelit yang digunakan untuk melakukan monitoring SPL adalah citra ASTER (Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer) multitemporal tahun 2005, 2006,2007 dan 2008. Nilai SPL yang diperoleh pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan algoritma Kishino.

Berdasarkan hasil pengolahan data citra ASTER dan pengamatan langsung di lapangan terdapat adanya perbedaan nilai SPL. Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan kondisi saat pencitraan dan pada saat pengambilan data lapangan. Pada penelitian ini juga dapat diketahui bahwa perubahan SPL dari citra ASTER yang terjadi pada saat sebelum dan sesudah lumpur panas dibuang melalui Kali Porong terjadi secara  tidak konsisten. Hal ini disebabkan adanya perbedaan kondisi cuaca pada saat dilakukannya proses pencitraan pada masing-masing citra.


Keywords


ASTER; Suhu Permukaan Laut; Muara Kali Porong

Full Text:

PDF

References


Jensen John R. 1986. Introductory Digital Image Processing: a Remote Sensing Perspective. Prentice Hall: London

Kishino, M et al. 2000. Water Quality and Temperature Mapping Using ASTER. Remote Sensing Japan

Lillesand, Thomas M and Kiefer, Ralp W. 2004. Remote sensing and Imegery Interpretation. John Wiley & Son Inc. New York

Purwadhi. 2001. Interpretasi Cita Digital. Grasindo. Jakarta

Sumantyo, JTS. 2005. Spesifikasi ASTER. Pandhito Panji Foundation-Remote Sensing Research Center. Bandung

Wijanarto. AB. 2003. Kajian Geografis Wilayah Pesisir dan Lautan Pulau Bahubulu dan Sekitar. Bakosurtanal. Cibinong

Wubet, MT. 2003. Estimation of Absolute Surface Temperature by Satellite. International Institute for Geo-Information and Earth Observation. Enschede. Netherlands




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v4i2.7320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.