DESAIN RANCANG BANGUN PENGEMBANGAN SISTIM INFORMASI JALAN (Studi Kasus Jalan Kabupaten Pacitan)

Muhammad Taufik

Abstract


Perencanaan transportasi telah banyak dilaksanakan dan hampir tiap tahun selalu dilakukan oleh Pemerintah mulai dari tingkat pusat, propinsi hingga Kabupaten dan Kota. Namun kondisi jalan yang ada belum dapat dikatakan telah memenuhi standar yang diharapkan karena setiap ada perbaikan (pembangunan dan pemeliharaan) belum mencapai tahun rencana sudah mengalami kerusakan di beberapa titik dalam satu ruas atau segmen jalan.

Untuk setiap kegiatan pembangunan transportasi khususnya jalan senantiasa memerlukan ketersedian kondisi fisik yang dapat digambarkan secara spasial dan memiliki ketepatan posisi. Karena tidak ada suatu perencanaan jaringan transportasi yang baik bilamana tidak ada peta yang digunakan memiliki kualitas baik.

Pada saat sekarang ini, kemajuan teknologi pemetaaan sudah demikian pesatnya baik nilai kualitatip maupun kuantitatipnya. Bahkan teknologi Sistim Informasi Geografis (SIG) telah banyak membantu berbagai aspek pemanfaatan data spasial dan non spasial yang sangat bermanfaat untuk sustu desain rancang bangun sistim informasi jalan kabupaten di kabupaten Pacitan.


Keywords


Jalan Kabupaten; Sistim Informasi

Full Text:

PDF

References


Danoedoro, P. 1996. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.

Lillesand, Thomas, M. dan Kiefer, Ralp, W. 1994. Remote Sensing and Image Interpretation. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Prahasta, Eddy. 2005. Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Informatika.

Prahasta, Eddy. 2004. Sistem Informasi Geografis Tools dan Plug-Ins. Bandung: Informatika.

Raper, J dan Green, N. 1994. GIS Tutorial 2 For Microsoft Windows. Cambridge. Longman GeoInformation.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v4i2.7321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.