ANALISA PENINGKATAN RESOLUSI SPASIAL CITRA MULTISPEKTRAL MENGGUNAKAN PROSES PENGGABUNGAN DENGAN CITRA PANKROMATIK(Studi Kasus : Kecamatan Gresik –Kabupaten Gresik)

Nur Septylia Choirotun Nisak, Teguh Hariyanto

Abstract


Penggunaan satu jenis data citra satelit saja terkadang belum cukup untuk mendapatkan output yang diinginkan karena adanya keterbatasan resolusi spektral maupun resolusi spasial. Terutama dalam pengamatan pada interpretasi citra digital secara visual, biasanya diperlukan gambar citra beresolusi tinggi dengan tampilan menarik (berwarna) untuk lebih dapat membedakan antar obyek pada gambar citra tersebut.

Untuk meningkatkan resolusi spasial sebuah citra dapat dilakukan kombinasi antara citra beresolusi spasial rendah dengan citra beresolusi spasial tinggi. Hal tersebut disebut dengan image fusion, yaitu suatu kombinasi dua atau lebih gambar yang berbeda untuk membentuk suatu gambar baru dengan menggunakan algoritma tertentu. Konsep image fusion yaitu memadukan antara dua citra yang memiliki resolusi spasial, spektral, atau temporal yang berbeda.

Salah satu dari sekian banyak bentuk dari aktifitas image fusion adalah pan-sharpen, yaitu produk hasil fusi dari citra multispektral beresolusi rendah dan pankromatik beresolusi tinggi. Keunggulan produk ini adalah citra yang dihasilkan akan memiliki sifat warna seperti multispektral dan resolusi maupun tekstur dari pankromatik.Dalam penelitian ini, data yang digunakan yaitu data citra satelit Quickbird multispektral tahun 2006 dan pankromatik tahun 2008. Kedua data citra tersebutdiambil di sekitar Kecamatan Gesik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwagambar hasil pan-sharpen dengan menggunakan metode IHS setelah dilakukan tiga kali zoom in, yaitu skala 1:3100, gambar citra terlihat jelas adanya perbedaan detil obyek. Pada citra awal (multispektral), detil obyek yang diamati tidak terlalu jelas, sedangkan pada citra hasil penggabungan dapat dilihat jauh lebih detil obyek yang telihat. Sedangkan untukhasil pengukuran planimetrik menunjukan rata-rata selisih ukuran obyek dilapangan dengan ukuran pada citra Quickbird pan-sharpen sebesar 1.037 meter dan pada Citra Quickbird multispektral sebesar 2.351 meter.


Keywords


Meningkatkan Resolusi Spasial Citra; Image Fusion; Pan-Sharpen; Citra Satelit Quickbird

Full Text:

PDF

References


Abidin, H.Z. 2007. Penentuan Posisi Dengan GPS Dan Aplikasinya. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Abidin, H. Z, Jones, A, Kahar, J. 2002. Survei Dengan GPS. Jakarta: Pradnya Paramita.

Danoedoro, P. 1996. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Fakultas Geografi, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Gentur. 2009. Metode Penggabungan Standar Citra. URL:http://gentur_geo.staff.uns.ac.id/ Dikunjungi pada tanggal 26 Maret 2010, Jam 15.06 BBWI.

Pohl, C. 1996. Geometric Aspects of Multisensor Image Fusion for Topographic Map Updating in the Humid Tropics. ITC Publication Number 39. Netherlands : International Institute for Aerospace Survey and Earth Sciences.

Prahasta, E. 2008. Remote Sensing, Praktis Penginderaan Jauh dan Pengolahan Citra Digital dengan Perangkat Lunak ER Mapper. Bandung: Informatika.

Purbowaseso, B. 1995. Penginderaan Jauh Terapan. Jakarta: UI-Press.

Purwadhi, S.H. 2001. Interpretasi Citra Digital. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, H. 2004. Image Fusion: “Trik” Mengatasi Keterbatasan Citra. URL: http://www.pelagis.net/gis_con/paper/hartanto_imagefusion.pdf

Dikunjungi pada tanggal 26 Februari 2010, Jam 20.23 BBWI.

Strait, M., Rahmani, S., Markurjev, D. 2008. Evaluation of Pan-Sharpening Methods.URL: http://www.math.ucla.edu/~wittman/reu2008/Reports/pan_report.pdf Dikunjungi pada tanggal 27 Oktober 2009, Jam 22.02 BBWI.

Supriatna, W., Sukartono. 2002. Teknik Perbaikan Data Digital (Koreksi Dan Penajaman) Citra Satelit.. Dikunjungi pada tanggal 02 September 2009, Jam 21.54 BBWI.

Topcon. 2003. Topcon Surveying Instruments. Topcon Corporation. Jepang

Wolf, P. R. 1993. Elemen Fotogrametri Dengan Interpretasi Foto Udara dan Penginderaan Jauh, Edisi Kedua. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v6i1.7350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.