OPTIMALISASI PEMETAAN FASE PERTUMBUHAN PADI BERDASARKAN ANALISA POLA REFLEKTAN DENGAN DATA HIPERSPEKTRAL STUDI KASUS : KABUPATEN KARAWANG

Rauf Syafriyyin, Bangun Muljo Sukojo

Abstract


Kebutuhan akan beras sebagai sumber makanan pokok yang dikonsumsi oleh lebih dari 90% masyarakat Indonesia menjadikan padi sebagai komoditas strategis yang berperan penting dalam ketahanan pangan nasional. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan teknologi yang tepat guna dalam memetakan fase pertumbuhan padi sebagai alat untuk memonitor dan mengevaluasi pertumbuhan padi. Teknologi hiperspektral yang memiliki ratusan kanal mampu menyajikan spektral yang kontinu pada setiap objek yang diamati sehingga melalui data hiperspektral perbedaan fase pertumbuhan dapat lebih mudah diamati melalui analisis pola dan karakteristik nilai reflektan spektral yang kemudian diklasifikasikan kedalam fase pertumbuhan padi. Pemetaan fase pertumbuhan padi dilakukan pada citra HyMap dengan metode klasifikasi Spectral Angle Mapper (SAM) dan Support Vector Machine (SVM) yang merupakan metode klasifikasi terbimbing (supervised) yang digunakan untuk mengenali pola nilai spektral dari suatu objek berdasarkan informasi dari piksel citra. Dari hasil pemetaan fase pertumbuhan padi yang dibagi menjadi 9 kelas mewakili setiap stage tumbuh padi yaitu (Seedling, Tillering, Stem Elongation, Penicle Initation to booting, Heading, Flowering, Milk Grain, Dough Grain, dan Mature Grain) diperoleh ketelitian  SAM sebesar 82,609 % dan SVM sebesar 54,348 %  . Hal ini menunjukkan pemetaan fase pertumbuhan padi dengan metode analisis pola reflektan spektral dengan metode SAM memiliki hasil yang lebih akurat dan signifikan daripada metode SVM.

Keywords


padi; hymap; nilai spektral; SAM; SVM

Full Text:

PDF

References


Wibowo, Agus. 2011. “Pengembangan Metode Estimasi Kandungan Air Kanopi Daun (Canopy Water Content) Tanaman Padi dengan Data Hyperspektral”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Wang et al. 2008. “Optimal wave kanal identification for estimation of leaf area index of paddy rice” Journal of Zheijang UniversityScience B. 9 (12) 953-963.

Darmawan, Arief. 2012. “Pembangunan Model Hyperspectral Untuk Estimasi Produktivitas Vegetasi Padi Berdasarkan Metode Derivatif Regresi Linear". Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Mather, Paul M. 2004. “Computer Processing of Remotely-Sensed( Third Edition)”. John Wiley & Sons Ltd : Chichester.

Ratnasari, Dian. 2010. “Penggunaan Data Hyperspectral Fieldspec dan Airborne HyMap ntuk Perhitungan Canopy Water Content (CWC) Tanaman Padi Di Kabupaten Indramayu, Propinsi Jawa Barat”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Y. Sohn dan N.S Rebello. 2002. “Supervised and Unsupervised Spectral Angle Classifiers”. Photogrammetric Engineering & Remote Sensing Vol. 68, No. 12, December 2002, pp. 1271-1280.

Y. Tarabalka. 2010. “Classification Of Hyperspectral Data Using Support Vector Machines And Adaptive Neighborhoods”. GIPSA-Lab, Grenoble Institute of Technology, Domaine Universitaire – BP 46, 38402, Saint-Martin-d’Hères, France.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v9i2.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.