ANALISIS INDEKS VEGETASI MENGGUNAKAN CITRA SATELIT FORMOSAT-2 DI DAERAH PERKOTAAN (STUDI KASUS: SURABAYA TIMUR)

Agneszia Anggi Ashazy, Agung Budi Cahyono

Abstract


Wilayah Surabaya Timur memiliki lahan konservasi, tambak, boezem, dan wilayah RTH berupa hutan mangrove yang cukup luas sehingga memiliki andil dalam kontribusi sebaran vegetasi kota Surabaya. Oleh karena itu, dibutuhkan pemantauan luasan vegetasi pada daerah tersebut.Dengan adanya teknologi penginderaan jauh, kini pengamatan wilayah perkotaan menggunakanketelitian spasial yang tinggi salah satunya adalah dengan satelit FORMOSAT-2.Indeks vegetasi adalah suatu formulasi pengolahan data inderaja secara digital yang dapat diarahkan secara khusus untuk mengkaji informasi tematik dari lahan bervegetasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra FORMOSAT-2dapat digunakan untukmenganalisa data indeks vegetasi dengan menggunakan algoritma NDVI,EVI2, dan SAVI. Indeks vegetasi SAVI menghasilkan keakurasian hubungan yang lebih baik dibandingkan metode NDVI dan EVI2 dimana koefisien determinasi dari metode SAVI adalah 0,9469. Luasan tutupan vegetasi sebesar 1276,86 ha atau 15,87% dari luas Surabaya Timur yang berarti hanya menyumbang 3,86% dari luas kota Surabaya. Sawah merupakan alokasi tutupan lahan yang paling luas memiliki repersentasi vegetasi dari luas wilayah Surabaya timur. Luas repersentasi vegetasi di wilayah Surabaya Timur yang paling dominan ada pada kisaran 25-50%.




Keywords


surabaya timur; indeks vegetasi; citra FORMOSAT-2

Full Text:

PDF

References


Dardak, A.H. 2006. “Peran Penataan Ruang dalam mewujudkan Kota Berkelanjutan di Indonesia”. Seminar Penataan Ruang Berbasis Apek Ekologis untuk Mewujudkan Kota Berkelanjutan, Jakarta.

Liang, S., T. Zheng, D. Wang, K. Wang, R. Liu, S. Tsay, S. Running, & J. Townshend. 2007. “ Mapping High-Resolution on Interpreting Tower-Based Flux Observations”. Remote Sensing of environment, 112, 337-349.

Carolita, I., I Made P., Y. Erowati, dan Asikin A. 1995. Monitoring Keadaan Hutan dengan Menggunakan Data NOAA AVHRR di Daerah Kalimantan Barat dan Sebagian Kalimantan Timur. Warta LAPAN volume 43 Hal 32-42. Jakarta.

Jensen, J.R.2000. Remotesensing of the environmental Earth Resource Perspective. Prentice Hall, New Jersey-USA.

Ray, T.w.1995. A FAQ on Vegetation in Remote Sensing. Division of Geologicaland Planetary Sciences California Institute of Technology.California-USA

Rahman, A.A dan Sandi A.L.W. ”Analisis Indeks Vegetasi Menggunakan Citra ALOS AVNIR-2 dan Sistem Informasi Geografi (SIG) untuk Evaluasi Tata Ruang Kota Denpasar”. Jurnal Bumi Lestari, Volume 9 No. 1, Februari 2009, hlm. 1-11




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v9i1.749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.