EVALUASI APLIKASI ADOBE FLASH™ UNTUK PEMBUATAN PETA DIGITAL DITINJAU DARI ASPEK KARTOGRAFIS

Adittiyo Darmawan, Yuwono Yuwono, Agung Budi Cahyono

Abstract


Perkembangan teknologi komputer dan perangkat lunak grafis memberi banyak kerugian dalam pembuatan serta penyajian informasi spasial berbentuk peta. Adobe Flash™ menjadi salah satu aplikasi yang digunakan oleh untuk membuat peta interaktif, seoerti yang dilakukan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG)  dengan programnya Atlas Elektronik Bakosurtanal. Adobe Flash™ perlu dikaji ulang tentang kemampuannya membuat sebuah peta apakah sudah memenuhi aturan yang ada atau belum, karena dengan  adanya perkembangan teknologi komputer dan fitur yang ada memungkinkan setiap orang berkreasi pada visualisasinya, sedang disisi lain, peta yang dihasilkan kehilangan kaidah kartografinya.
Terdapat beberapa tahapan dalam proses pembuatan peta digital ITS ini yaitu, digitasi peta untuk memetakan bangunan bangunan baru untuk mendapatkan peta digital ITS Sukolilo terbaru berdasarkan Citra Worldview menggunakan Autocad Land Desktop 2009, kemudian pemberiaan beberapa aspek kartografis seperti pewarnaan peta, desain simbol, menggunakan Coreldraw X5, dan tahapan terakhir adalah desain tata letak dan pemberian koordinat agar peta yang dibuat sesuai dengan aturan kartografi menggunakan Adobe Flash™ CS5.
Dari penelitian pembuatan peta digital ITS ini diperoleh hasil bahwa telah dibuat sebuah Peta Digital ITS 2014 dengan aplikasi pemetaan Adobe Flash™. Peta yang disajikan menggunakan Adobe Flash™ dibuat melalui beberapa proses dan software, dimulai dari penggambaran peta menggunakan Autocad Land Desktop 2009, pewarnaan dan simbolisasi menggunakan Coreldraw X5, dan tata letak serta desain peta sesuai aturan kartografis. Dari aturan yang ada desain tata letak peta digital ini sudah memenuhi keseimbangan simetris dengan judul di atas muka peta sedangkan informasi tepi terletak dibawah muka petadan  dari kriteria kartografis dapat disimpulkan bahwa aplikasi Adobe Flash™ mampu membuat sebuah peta sesuai dengan aturan kartografi dengan memenuhi lima dari enam aspek penilaian kriteria karografi.


Keywords


aplikasi pemetaan; kartografi; peta digital

Full Text:

PDF

References


Darmadji, Agus. 2006. Aplikasi Pemetaan Digital dan Rekayasa Teknik Sipil Dengan AutoCAD Land Development. Bandung : ITB

Khomsin. 2004. Pemetaan Digital. Buku Ajar. Program Studi Teknik Geodesi FTSP ITS Surabaya

Kraak, Menno-Jan dan Ormeling, Ferjan.2007. Kartografi : Visualisasi Data Geospasial. Yogyakarta : UGM Press

Soendjojo, Hadwi dan Riqqi, Akhmad.2012.Kartografi. Bandung : Penerbit ITB

Subagio, 2002. Pengetahuan Peta. Bandung : Penerbit ITB

Webster, Steve., Yard, Todd., and Sean McSharry. 2008. Foundation Actionscript 3.0 With Flash CS3 and Flex. United States of America : Friendsof an Apress Company

Yuwono. 2001. Kartografi. Buku Ajar. Program Studi Teknik Geodesi FTSP ITS Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v9i2.754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.