APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK SEBARAN BEBAN EMISI CO2 BERDASARKAN KEPADATAN LALU LINTAS DI KOTA SURABAYA BAGIAN SELATAN

Aan Eka Pranata Jaya, Yuwono Yuwono

Abstract


Aktifitas transportasi kota Surabaya semakin meningkat, ketidakseimbangan antara pertumbuhan kendaraan dengan penyediaan jalan, menimbulkan  kepadataan lalu lintas yang puncaknya terjadi pada jam sibuk. Aktifitas ini berakibat udara di ruas jalan tidak sehat dikarenakan pembakaran bahan bakar dari kegiatan tersebut menghasilkan emisi karbon. Terutama karbon dioksida berpotensi menyebabkan pemanasan global akibat bertambahnya gas rumah kaca. Maka untuk mengetahui beban emisi karbon, khususnya gas karbon dioksida (CO2) di Surabaya bagian Selatan yang dilakukan menggunakan faktor emisi dan program yaitu sistem informasi berbasiskan komputer. Sistem informasi berbasiskan komputer ini  berupa Sistem Informasi Geografis (SIG) yang menyajikan gambaran mengenai beban emisi (CO2) yang dihasilkan dari jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut. Jumlah kendaraan akan dianalisa dengan mengkonversi satuan kendaraan ke satuan mobil penumpang (smp). Beban emisi dihitung dari jumlah kendaraan yang telah dikonversikan dikalikan dengan faktor emisi dan konsumsi kendaraan untuk mobil penumpang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2008, tahun 2010 dan tahun 2011 beban emisi tertinggi di jalan Ahmad Yani yaitu 6.437.199,867 ton CO2 / tahun terjadi pada tahun 2011 dan yang terendah di jalan Mastrip yaitu 494.511,264 ton CO2 /tahun terjadi pada tahun 2008. Dari aplikasi Sistem Informasi Geografis dapat diketahui jumlah kendaraan (smp) yang melalui ruas jalan di Surabaya bagian Selatan dan juga beban emisi karbon (CO2) yang berasal dari pembakaran dapat diketahui jumlahnya.

Keywords


sistem informasi geografis; derajat kejenuhan; beban emisi karbon; (CO2); surabaya selatan

Full Text:

PDF

References


___, UPTD PKB DISHUB Surabaya. 2011. “Jumlah Kendaraan Bermotor di Surabaya” Surabaya.

Direktorat Bina Jalan Kota. 1993. “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”. Direktorat Jenderal Bina Marga Republik Indonesia

Alamsyah, A., 2008. Rekayasa Lalu Lintas Edisi Revisi. Malang : UMM Press.

Witarjo.2009.Tugas Akhir : Sistem Informasi Geografis Kepadatan Lalu Lintas Dan Daerah Rawan Kecelakaan Kota Surabaya. Surabaya : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya-ITS.

Kementrian Negara Lingkingan Hidup, 2008. Emisi Gas Rumah Kaca dalam Angka 2008, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v9i2.755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.