EVALUASI TUTUPAN LAHAN PERMUKIMAN TERHADAP RENCANA DETIL TATA RUANG KOTA (RDTRK) SURABAYA PADA CITRA RESOLUSI TINGGI DENGAN METODE KLASIFIKASI BERBASIS OBJEK (STUDI KASUS: UP XI TAMBAK OSOWILANGON DAN UP XII SAMBIKEREP)

Anita Dwijayanti, Teguh Hariyanto

Abstract


Semakin banyaknya penduduk maka kebutuhan akan lahan untuk tempat tinggal semakin besar sehingga banyak terjadi alih fungsi kegiatan dari suatu wilayah sehingga diperlukan suatupenataan ruang yang baik. Penataan ruang yang baik di wujudkan dalam Rencana  Detail Tata Ruang Kota (RDTRK), dalam penyusunan RDTRK dibutuhkan suatu data dasar yang dapat berupa citra resolusi tinggi ataupun foto udara. Perkembangan teknologi penginderaan jauh terutama pada metode pengolahan citra resolusi tinggi memunculkan teknologi yang lebih canggih yang memudahkan dalam teknik interpretasi dan klasifikasi citra yang biasa disebut dengan metode klasifikasi digital. Metode klasifikasi yang dapat digunakan adalah metode klasifikasi berbasis piksel dan metode klasifikasi berbasis objek. Pada penelitian ini dilakukan pengolahan citra menggunakan klasifikasi berbasis objek. Klasifikasi berbasis objek menggunakan segmentasi dan merging dalam prosesnya. Dalam penelitian ini digunakan citra satelit WorldView 2 keluaran tahun 2012 yang menawarkan detail informasi akurat yang dapat diekstrak untuk berbagai keperluan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah koreksigeometrik sebesar 0,300336 piksel dan SOF sebesar 0,0946. Penelitian ini mengevaluasi tutupan lahan khususnya permukiman menggunakan metode klasifikasi berbasis objek terhadap RDTRK. Hasil dari uji ketelitian klasifikasi citra WorldView-2 sebesar 93,3465%  pada UP Tambak Osowilangon, 88,9040% pada Kecamatan Pakal, dan 88,7%  pada Kecamatan Sambikerep dengan jumlah kelas tutupan lahan sebanyak  9 kelas yaitu permukiman,  jalan, ladang, industri, tanah kosong, badan air, sawah dan tambak. Yang kemudian di kaji kesesuaianya dengan RDTRK.


Keywords


RDTRK; WorldView; permukiman; UP XI Tambak Osowilangon; UP XII Sambikerep

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2013. Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah Surabaya. Surabaya. Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Digital Global. 2013. WorldView-2. Dikunjungi pada tanggal 1 Maret 2013, jam 19:00.

BAPPEKO Surabaya. 2008. Laporan Akhir Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK) Unit Pengembangan Tambak Osowilangon. Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya.

BAPPEKO Surabaya. 2007. Laporan Akhir Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK) Unit Pengembangan Sambikerep. Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya.

Purwandhi, Sri Hardiyanti. 2001. Interpretasi Citra Digital. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v10i2.798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.