STUDI PENGEMBANGAN WEBGIS SARANA DAN PRASARANA PELABUHAN (STUDI KASUS: TANJUNG PERAK SURABAYA)

Rizkia Amaliyah Maryam, Hepi Hapsari Handayani

Abstract


Pelabuhan Tanjung Perak merupakan salah satu pelabuhan pintu gerbang di Indonesia, yang menjadi pusat kolektor dan distributor barang ke Kawasan Timur Indonesia, khususnya untuk Propinsi Jawa Timur. Karena letaknya yang strategis dan didukung oleh daerah hinterland Jawa Timur yang potensial maka Pelabuhan Tanjung Perak juga merupakan pusat pelayaran interinsulair Kawasan Timur Indonesia. Pada penelitian ini akan dilakukan pembuatan sistem informasi geografis berbasis Web mengenai sarana dan prasarana Pelabuhan Tanjung Perak dengan menggunakan Citra Resolusi Tinggi Worldview-2, Peta Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak 2012 dan basis data Sarana dan Prasarana Pelabuhan meliputi Terminal Penumpang Darat, Terminal Penumpang Laut, Gudang, Lapangan Penumpukan, Pasar, Perkantoran, Lapangan Parkir. Sedangkan fokus sarana dan prasarana yang digunakan adalah Gudang, Lapangan Penumpukan, dan Terminal Penumpang yang meliputi area Terminal Jamrud, Mirah, Berlian dan Kalimas. Hasil penelitian ini menunjukkan perbandingan perubahan sarana dan prasarana di Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak  mengalami perubahan yang signifikan pada area gudang, lapangan penumpukan, dan terminal penumpang tahun 2012-2013. Dimana terdapat penambahan luasan gudang sebesar 67,610 %, Kemudian terdapat penambahan pada  lapangan penumpukan sebesar 80,075%. Dan pada terminal penumpang terdapat penambahan sebesar 24,637 % dan pengurangan sebesar 35,795 %.

Keywords


pelabuhan; sarana dan prasarana; SIG; web; perkembangan kawasan

Full Text:

PDF

References


Departemen Perhubungan. 2002. Keputusan Menteri Menteri Perhubungan No. 53 Tahun 2002 Tentang Tatanan Kepelabuhanan Nasional.

Departemen Dalam Negeri. 2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2009.

M. Gatheru, P. M. 2010. Evaluation Of Land Suitability For Maize Production Using Geographic Information Systems In Eastern Kenya.

Prayogi, R. 2008. “Studi Tingkat Sedimentasi dan Pola Arus di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Akibat Perkembangan Bumper BBM”. Surabaya; Teknik Kelautan ITS.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v10i2.799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.