PEMANTAUAN PENURUNAN MUKA TANAH DI KAWASAN WATUKOSEK MENGGUNAKAN METODE SIPAT DATAR

Ira M. Anjasmara, Masrul Masrul

Abstract



Patahan Watukosek yang terletak di Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo merupakan patahan yang terbentuk sebagai akibat dari proses tumbukan lempeng Eurasia dengan lempeng Australia.  Aktifnya patahan ini diyakini men- gakibatkan terjadinya fenomena deformasi vertikal dari permukaan tanah disekitar patahan tersebut. Deformasi vertikal dapat berupa penurunan muka tanah (subsidence) atau kenaikan muka tanah (uplift). Untuk memantau perubahan perg- erakan tinggi muka tanah, salah satu metode yang dapat digunakan adalah pengukuran sipat datar. Sistem tinggi yang digunakan adalah sistem tinggi ortometrik yang bereferensi terhadap geoid.

Dari hasil pengukuran dan pengolahan data yang dilakukan, didapat bahwa terjadi perubahan tinggi muka tanah pada kawasan yang dilewati oleh patahan Watukosek. Pemantauan yang dilakukan selama 2 bulan menunjukkan terjadinya perubahan tinggi muka tanah yang bervariasi pada setiap titiknya.  Perubahan tinggi muka tanah paling besar terjadi pada BM PLNG pada perbandingan kala 1 & kala 2 dengan nilai sebesar -0,305 m (subsidence) dan perubahan yang paling kecil terjadi pada BM TTG-1305 pada perbandingan kala 1 & kala 3 dan kala 2 & kala 3, dengan nilai sebesar -0,011 m (subsidence) dan pada perbandingan kala 2 & kala 3 sebesar 0,011 m (uplift).

Keywords


kata kunci: penurunan muka tanah; patahan watukosek; metode sipat datar

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. Z., R. J. Davies, M. A. Kusuma, H. Andreas, and T. Deguchi. 2009. Subsidence and uplift of Sidoarjo (East Java) due to the eruption of the Lusi mud volcano (2006–present). Environmental Ge- ology, 57(4):833--844.

Ghilani, C. D. 2010. Adjustment Computation Spatial Data Analysis, 5th Ed. John Wiley & Son Inc.

Mazzini, A., H. Svensen, G. Akhmanov, S. Aloisi, G.and Planke, A. Malthe-Sørenssen, and B. Istadi. 2007. Triggering and dynamic evolution of the LUSI mud volcano, Indonesia. Earth and Planetary Science Letters, 261(3-4):375–388.

Pribadi, W. 2014. Analisa Penurunanan Tanah (Landsubsidence) Pada Daerah Semburan Lumpur Sidoarjo Dengan Data Satelit Global Positioning System (GPS). Master's thesis, Jurusan Magis- ter Teknik Geomatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Rochman, J. P. G. N. 2014. Analisa Penurunanan Tanah (Landsubsidence) Pada Daerah Semburan Lumpur Sidoarjo Dengan Data Satelit Global Po- sitioning System (GPS). Master's thesis, Jurusan Teknik Geomatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Whittaker, B. and D. Reddish. 1989. Subsidence: Oc- currence, Prediction and Control. Elsevier




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v10i2.806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.