Inversi 1-D Pada Data Magnetotellurik Di Lapangan X Menggunakan Metode Occam Dan Simulated Annealing

R. Aldi Kurnia Wijaya, Ayi Syaeful Bahri, Dwa Desa Warnana Warnana, Arif Darmawan Darmawan

Abstract


Metode magnetotellurik merupakan salah satu metode elektromagnetik pasif yang mengukur fluktuasi medan listrik (E) dan medan magnet (B) dengan tujuan untuk menentukan konduktivitas bawah permukaan. Proses inversi dilakukan untuk memodelkan kondisi bawah permukaan. Dalam penelitian ini proses inversi dilakukan dengan metode Occam dan Simulated Annealing. Metode Occam merupakan metode untuk menyelesaikan permasalahan non-linier menggunakan pendekatan linier sedangkan metode Simulated Annealing merupakan metode untuk menyelesaikan permasalahan non-linier menggunakan pendekatan global, berupa Guided Random Search. Untuk menyelesaikan permasalahan non-linier tersebut dibuat program berbasis Matlab yang dengan menggunakan algoritma Occam dan Simulated Annealing. Dalam penelitian ini digunakan data sintetik dan data hasil pengukuran di lapangan panas bumi X dengan menggunakan metode magnetotellurik. Tahapan dalam penelitian ini adalah pembuatan program, validasi menggunakan data sintetik, validasi dengan membandingkan hasil inversi program konvensional (WinGlink), dan analisa penampang 1-D. Hasil dari penelitian ini adalah analisa terhadap penampang cross section resistivitas 1-D hasil inversi sehingga diketahui sebaran konduktivitas di Lapangan X.

Keywords


magnetotellurik; inversi 1-D; occam; simulated annealing; lapangan X

Full Text:

PDF

References


Aster, Richard C., Borchers, Brian, dan Thurber, Clifford H., 2005. Parameter Estimation and Inverse Problems. Elsevier Inc, UK, Ch. 10.

Constable, Steven C., Parker, Robert L., dan Constable, Carherine G., 1987. Occam’s Inversion: A practical Algorithm for Generating Smooth Model From Electromagnetic Sounding Data. Geophysics. Vol. 52, No. 3. P. 289-300.

Grandis, Hendra., 2009. Pengantar Pemodelan Inversi Geofisika. Bandung: CV. Bhumi Printing.

Ingber, L., 1989. Very Fast Simulated Re-annealing. Mathl. Comput. Modelling. Vol. 12, No. 8, P.967-973.

Simpson, Fiona, dan Bahr, Karsten., 2005. Practical Magnetotellurik. Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v2i2.1920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.