Aplikasi Metode Join Inversi Seismic Gravity untuk Imaging Bawah Permukaan Daerah Geologi Kompleks

Widya Utama, Firman Syaifuddin, Lita Novitasari, Triswan Mardani Ade Surya

Abstract


Kondisi geologi kompleks dekat permukaan terjadi ketika body batuan dengan kecepata tinggi terbawa dekat ke permukaan. Batuan tersebut dapat berupa batuan beku ataupun karbonat.  Keberadaan batuan tersebut dapat menyebabkan meningkatnya kontras kecepatan dekat permukaan. Tingginya kontras kecepatan menyebabkan kesulitan untuk mendapatkan gambaran bawah permukaan dengan metode konvensional seperti travel time tomography. Join inversi dari dua data geofisika merupakan salah satu teknik untuk mendapatkan gambaran bawah permukaan. Pada studi ini metode yang digunakan adalah metode join inversi seismik dan gravity. Pada studi ini data yang digunakan adalah data seismik sintetik yang merupakan hasil dari forward modelling model kecepatan. Nilai kecepatan pada model memiliki rentang 1000 m/s hingga 5800 m/s. Metode yang digunakan untuk forward modelling data seismik  dan gravity adalah metode finite difference sedangkan metode talwani. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa model kecepatan hasil join inversi tomografi travel time dan gravity lebih baik dibandingkan dengan metode travel time tomografi sendiri. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan oleh bentuk dari bentuk body kecepatan tinggi dan munculnya lapisan dengan kecepatan rendah. Selain itu metode join inversi juga menunjukkan peningkatan gambaran struktur geologi, dan nilai kecepatan.


Keywords


tomografi seismik waktu tempuh; join inversi seismik-gravity; pemodelan bawah permukaan

Full Text:

PDF

References


D. Colombo, D. R., 2013. 3D Seismic-gravity Simultaneous Joint Inversion. 75th EAGE Conference & Exhibition Incorporating SPE EUROPEC. London, UK: EAGE.

Colombo, D., Rovetta, D. C., Sandova, Ley, R., Wang, W., & Liang, C., 201). 3D Seismic-Gravity Simultaneous Joint Inversion for Near Surface Velocity Imaging. 75th EAGE Conference & Exhebition.

Dengguo Zhou, D. R., 2014. 3D Joint Inversion of Seismic Traveltime and Gravity Data: A Case Study. SEG Annual Meeting. Denver: SEG.

Jie Zhang, M. N., 1998. Non Linear Refraction Travel Time Tomography. GEOPHYSICS, 1726-1737

Moser, T., 199). Shortest Ray Calculation of Seismic Ray. Geophysics, 59-67.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25023659.v2i3.2097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Free counters!
 
  View My Stats
 
 
 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Geosaintek diterbitkan oleh ITS bekerja sama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) 

Disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/geosaintek/index.