Perancangan Komik Online tentang Cara Menggunakan Media Sosial dengan Bijak pada Remaja Usia 15-17 Tahun

Natasyia Sisca Eka Pratiwi, Diana Aqidatun Nisa, Aditya Rahman Yani

Abstract


Abstrak—Remaja adalah fase perkembangan dari anak-anak ke arah kedewasaan. Dalam perkembangannya, remaja berkaitan erat dengan bagaimana mereka bersosialisasi bersama teman sebaya di media sosial (Instagram, Twitter, dan Facebook) dengan cara mengirim pesan, upadate status, komentar postingan dan membagikan postingan. Permasalahan utama dari remaja hari ini adalah tentang kebiasaan mengupload konten sensitif yang menyinggung SARA dan melanggar UU ITE hanya demi menaikkan popularitas pribadi. Disamping itu, kecenderungan remaja saat ini suka membuat konten saling sindir di media sosial. Makalah ini membahas bagaimana merancang komik online tentang etika menggunakan media sosial secara bijak, untuk remaja usia 15-17 tahun. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu dengan menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa deskriptif kualitatif menurut Milles dan Huffman. Dari proses analisis data tersebut maka, telah didapatkan keyword “Batasan berekspresi dan berkomunikasi di media sosial“ yang menjadi dasar konsep cerita dan konsep visual dalam perancangan komik online ini. Dengan adanya komik online ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran remaja terhadap etika menggunakan media sosial secara bijak, dan meningkatkan minat remaja untuk membuat konten positif di media sosial.

AbstractAdolescence is a phase of development from childhood to maturity. In their development, adolescents are closely related to how they socialize with peers on social media (Instagram, Twitter, and Facebook) by sending messages, updating status, posting comments, and sharing posts. The main problem of teenagers today is the habit of uploading sensitive content that offends SARA and violates the ITE Law just to increase their popularity. Besides that, the tendency of teenagers today to make satire content on social media. This paper discusses how to design online comics about ethics in using social media wisely, for adolescents aged 15-17 years. The method used to collect research data is by using a questionnaire, observation, and in-depth interviews. The analysis technique used in this study is a qualitative descriptive analysis technique according to Milles and Huffman. From the data analysis process, the keyword "Limits of expression and communication on social media" has been obtained, which is the basis for the concept of stories and visual concepts in designing this online comic. With the existence of this online comic, it is hoped that it can increase adolescent awareness of the ethics of using social media wisely and increase teenagers' interest in creating positive content on social media.


Keywords


design, online comic, social media. wise, and teenagers.

Full Text:

PDF

References


Zulaiha, S., Sagiman, S., & Mutia, M. (2019). Edukasi Literasi Informasi Bagi Anak Dan Remaja Untuk Meminimalisir Penyalahgunaan Media Jejaring Sosial. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender, 15(2), 116-125.

Irawan, Aditya.W, Yusufianto. A, Agustina. D, dkk. (2020). Laporan Survei Internet APJJI 2019-2020 (Q2). (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). https://apjii.or.id/survei diakses tanggal 15 November 2020

Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian media sosial dan self concept pada remaja. Jurnal Psikologi Manasa, 5(1), 30-41.

Tim detikcom (2020). Aksi Keblinger Remaja di NTB Salat sambil Joget Tik Tok. https://news.detik.com/berita/d-5004055/aksi-keblinger-remaja-di-ntb-salat-sambil-joget-tiktok/3 diakses tanggal 12 oktober 2020

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008. Peraturan Informasi Dan Transaksi Elektronik. https://jdih.kominfo.go.id/produk_hukum/view/id/167/t/undangundang+nomor+11+tahun+2008+tanggal+21+april++2008 daikses tanggal 12 oktober 2020

Hakim, Alfian F. (2018). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Alat-Alat Pembayaran Internasional Pada Materi Perekonomian Terbuka. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7 (3),204 – 205

Muchlisin Riadi. (2020, Augustus 14). Komik (Pengertian, Unsur, Jenis dan Teknik Pembuatan): https://www.kajianpustaka.com/2020/08/komik-pengertian-unsur-jenis-dan-teknik-pembuatan.html (15 Januari, 2021).

Herviani, Vina dan & Febriansyah, Angky .(2016) Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Jurnal Akutansi. 8 (2), (23)

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah. Jurnal Ilmu Dakwah Uin Antasari. 19(2), 82-83

Wikipedia Bahasa Indonesia (2021). Media sosial. https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial (tanggal 15 Januari 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v20i2.11591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023