Eksplorasi Media Sebagai Edukasi Kesadaran Ruang Hidup di Daerah Bencana
Abstract
Media komunikasi visual yang diproduksi untuk edukasi kebencanaan telah banyak dikembangkan, baik oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga independen yang bekerja secara sukarela. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, memahami dan menjelaskan tentang kajian konten visual pada media edukasi kebencanaan dalam strategi penuturan transmedia. Media edukasi yang dikembangkan menggunakan strategi lewat budaya tutur masyarakat lokal seperti lewat lagu atau permainan rakyat, tapi belum diketahui seberapa baik pemahaman masyarakat menghadapi kondisi darurat saat bencana terjadi. Metode penelitian yang diterapkan adalah grounded theory dengan analisa deskriptif kualitatif. Grounded theory merupakan rancangan penelitian kualitatif dimana peneliti memunculkan penjelasan umum (teori) tentang proses, aksi atau interaksi yang dibentuk oleh sejumlah partisipan menggunakan model Kerucut Pengalaman Edgar Dale. Perkembangan teknologi yang dekat dengan pengguna memungkinkan berbagai peluang untuk mengambil peran dalam edukasi kebencanaan dan mitigasi. Penelitian akan menelusuri estetika formal desain konten edukasi mengenai mitigasi bencana sebagai upaya edukasi kebencanaan melalui berbagai kemungkinan dalam pendekatan komunikasi lewat bahasa visual dalam edukasi kebencanaan. Hasilnya merupakan rekomendasi dalam perancangan media edukasi mitigasi kebencanaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Karokaro, Ayat S. (2014) Kearifan Lokal Selamatkan Warga
Simeulue dari Amukan Tsunami (bagian 1), Mongabay,
http://www.mongabay.co.id (20 December 2014)
Ehrenreich, John H.(2001). Coping With Disasters: A
Guidebook To Psychosocial Intervention (Revised Edition),
Sharon McQuaide, M.S.W., Ph.D. Clinical Consultant
Lakoro, Rahmatsyam (2017). Design of Education Media For
Disaster As Awareness of Life Space In Disaster Area,
International Conference on Creative Industry 4 (2), 142 -145.
Laurel, Brenda (ed.)(2003). Design Research: Methods and
Perspectives, (hal.13-17). Massachusetts: MIT Press
Carter, W. Nick (2008). Disaster Management Handbook,
Mandaluyong City, Philipine: Asian Development Bank
Chesebro, James W., Dale E. Bertelsen (1996) Analyzing
Media, New York: The Guildford Press
Haryanto, Hanny & Lakoro, Rahmatsyam (2012). Game
Edukasi “Evakuator”Bergenre Puzzle dengan Gameplay
Berbasis Klasifikasi sebagai Sarana Pendidikan Dalam Mitigasi
Bencana, Techno.COM, Vol 11 No. 1, February 2012: 47-54.
Dale, Edgar (1946). Audio-Visual Methods in Teaching, (hal
-43). New York: Dryden Press
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v1i18.5082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023