Eksplorasi Media Sebagai Edukasi Kesadaran Ruang Hidup di Daerah Bencana

Rahmatsyam Lakoro, Agus Sachari, Agung Eko Budi Waspodo, Setiawan Sabana

Abstract


Media komunikasi visual yang diproduksi untuk edukasi kebencanaan telah banyak dikembangkan, baik oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga independen yang bekerja secara sukarela. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, memahami dan menjelaskan tentang kajian konten visual pada media edukasi kebencanaan dalam strategi penuturan transmedia. Media edukasi yang dikembangkan menggunakan strategi lewat budaya tutur masyarakat lokal seperti lewat lagu atau permainan rakyat, tapi belum diketahui seberapa baik pemahaman masyarakat menghadapi kondisi darurat saat bencana terjadi. Metode penelitian yang diterapkan adalah grounded theory dengan analisa deskriptif kualitatif. Grounded theory merupakan rancangan penelitian kualitatif dimana peneliti memunculkan penjelasan umum (teori) tentang proses, aksi atau interaksi yang dibentuk oleh sejumlah partisipan menggunakan model Kerucut Pengalaman Edgar Dale. Perkembangan teknologi yang dekat dengan pengguna memungkinkan berbagai peluang untuk mengambil peran dalam edukasi kebencanaan dan mitigasi. Penelitian akan menelusuri estetika formal desain konten edukasi mengenai mitigasi bencana sebagai upaya edukasi kebencanaan melalui berbagai kemungkinan dalam pendekatan komunikasi lewat bahasa visual dalam edukasi kebencanaan. Hasilnya merupakan rekomendasi dalam perancangan media edukasi mitigasi kebencanaan.


Keywords


edukasi, kerucut pengalaman, media, mitigasi bencana

Full Text:

PDF

References


Karokaro, Ayat S. (2014) Kearifan Lokal Selamatkan Warga

Simeulue dari Amukan Tsunami (bagian 1), Mongabay,

http://www.mongabay.co.id (20 December 2014)

Ehrenreich, John H.(2001). Coping With Disasters: A

Guidebook To Psychosocial Intervention (Revised Edition),

Sharon McQuaide, M.S.W., Ph.D. Clinical Consultant

Lakoro, Rahmatsyam (2017). Design of Education Media For

Disaster As Awareness of Life Space In Disaster Area,

International Conference on Creative Industry 4 (2), 142 -145.

Laurel, Brenda (ed.)(2003). Design Research: Methods and

Perspectives, (hal.13-17). Massachusetts: MIT Press

Carter, W. Nick (2008). Disaster Management Handbook,

Mandaluyong City, Philipine: Asian Development Bank

Chesebro, James W., Dale E. Bertelsen (1996) Analyzing

Media, New York: The Guildford Press

Haryanto, Hanny & Lakoro, Rahmatsyam (2012). Game

Edukasi “Evakuator”Bergenre Puzzle dengan Gameplay

Berbasis Klasifikasi sebagai Sarana Pendidikan Dalam Mitigasi

Bencana, Techno.COM, Vol 11 No. 1, February 2012: 47-54.

Dale, Edgar (1946). Audio-Visual Methods in Teaching, (hal

-43). New York: Dryden Press




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v1i18.5082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023