Manajemen Pengembangan Sarana Fasilitas Publik Kebun Bibit Wonorejo Surabaya untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung

Yosef Richo, Siswo Martono, Nur Luqman

Abstract


Kebun Bibit Wonorejo Surabaya adalah salah satu taman dikota Surabaya yang mana keberadaannya bertujuan utama adalah untuk menumbuhkembangkan bermacam bibit-bibit tanaman yang nantinya bibit tersebut setelah dewasa dapat ditanam diarea perkotaan Surabaya, selain itu taman ini mempunyai berbagai peranan penting seperti sebagai sumber paru-paru kota, sarana rekreasi keluarga, hiburan, kesehatan, olahraga sampai pada berbagi ilmu dan budaya. Namun yang perlu diperhatikan adalah pada kebun bibit Wonorejo adalah sarana pendukung untuk fasilitas publik kurang diperhatikan dan kurang terawat seperti tempat dudukan dan tempat sampah dari aspek desain dan kenyamanannya sehingga image keindahan tempat serta kepuasan pengunjung dapat berkurang.  Penelitian ini mencoba menyelaraskan proses manajemen rancang bangun desain produk sarana fasilitas publik Kebun bibit Wonorejo Surabaya sesuai dengan harapan pengunjung dan desainer. Untuk proses desain, konsep Total Product Design Conce (TPDC) digunakan peneliti untuk menentukan elemen dari desain: estetika, fungsionalitas dan maksud/tujuan yang nantinya dapat digunakan sebagai konsep desain. Pengukuran menggunakan kualitatif-kuantitatif dari pengunjung untuk mendapatkan data  terkait kebutuhan perancangan, selanjutnya hasil olah data digunakan peneliti untuk merancang desain 2 dimensi hingga 3 dimensi dengan program komputer sehingga didapatkan hasil desain yang berwujud dan siap diproduksi nantinya


Keywords


manajemen, desain produk, dan fasilitas publik

Full Text:

PDF

References


Rosita Endang Kusmaryani, Fungsi Psikilogis Taman Kota, “Buletin Jurnal UGM”, Vol 9 No 2 (2001)

http://kabarsurabaya.org/kebun-bibit-wonorejo-lokasi-wisata-murah-dan-komplit/

Wisnuprasetya, “Estetika Pada Desain Bangku Taman Untuk Anak Di Kota Surabaya”. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III 2015 Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya ISBN 978-602-98569-1-0 (2015)

Lee and Kim, Effects of Servicescape on Perceived Service Quality, Satisfaction and Behavioral Outcomes in Public Service Facilities. “Journal of Asian Architecture and Building Engineering” ISSN: 1346-7581 (Print) 1347-2852 (Online) Journal homepage: https://www.tandfonline.com/loi/tabe20 (2018)

Hoe dan Mansori, The Effects of Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty: Evidence from Malaysian Engineering Industry, “International Journal of Industrial Marketing”, 2018, Vol. 3, No. 1, ISSN 2162-3066

Jahanshahi and Gashti, Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty, “International Journal of Humanities and Social Science” Vol. 1 No. 7; [Special Issue –June 2011]

Banahene dan Asamoah, Analysis of SERVQUAL Application to Service Quality Measurement and Its Impact on Loyalty in Ghanaian Private Universities. “Journal of Management and Strategy”, Vol. 8, No. 4 (2017)

Leonnard The Performance of SERVQUAL to Measure Service Quality in Private University, “Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science”, Vol. 11, No. 1, pp. 16-21, online ISSN 1803-1617, printed ISSN 2336-2375, doi: 10.7160/ eriesj.2018.110103 (2018)

Alex Goftman dan Howard R. Moskowitz. Accelerating Structured Consumer-Driven Package Design,” Journal of Consumer Marketing” p 157-168 (2010)

Hair, Black, and Babin, “Multivariet Data Analysis”. Book statistic Seventh Edition (2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v18i2.6207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023