Strategi Branding Pesisir Pantai Kota Surabaya Sebagai Potensi Wilayah Berbasis Kelautan

Aryo Bayu Wibisono, Albert Daniel Pattisellano, Aphief Tri Artanto

Abstract


Penelitian pada wilayah pesisir Surabaya ini bertujuan memberikan strategi branding di pesisir pantai kota Surabaya. Pemilihan penelitian di kota Surabaya dan potensi pesisir dikarenakan Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot) membangun infrastruktur secara massif dan memiliki sustainability yang berkesinambungan dengan ekonomi dan rule model kemajuan kota Surabaya. Strategi branding pada penelitian ini perlu untuk dilakukan karena pesisir pantai kota Surabaya memiliki audiens yang loyal dan masa depan yang menjanjikan untuk di kembangkan oleh Pemkot Surabaya. Oleh karena itu hal tersebut membutuhkan kajian yang tepat agar sistem branding kedepan mampu di implementasikan ke tahapan yang mendalam. Pengumpulan data pada penelitian ini akan menggunakan kuantitatif dengan di dukung data kualitatif, yakni metode kuesioner sebagai pengumpulan data utama sedangkan wawancara, observasi dan data teks sebagai pendukung data pada penelitian ini. Pada penelitian branding pesisir ini akan melingkupi daerah yang terdampak pembangunan oleh Pemkot Surabaya, daerah tersebut adalah Kecamatan Tambak Wedi, Kecamatan Bulak dan Kecamatan Kenjeran. 

Keywords


Branding, pesisir pantai Surabaya, Bulak, Pemkot Surabaya

Full Text:

PDF

References


Rhofita, E. I & Naily, N. “Persepsi Komunitas Nelayan Kenjeran Terhadap Kegiatan Konservasi Lingkungan Pesisir Berdasarkan Perspektif Ekoteologi Islam”. JPLB, 2018, 2(2):112-124 ISSN 2598-0017 | E-ISSN 2598-0025 (2018)

http://www.bkpsl.org/ojswp/index.php/jplb.

Srivinasu. B & P., Srinivasa Rao. Infrastructure Development and Economic growth : Prospects and Perspective. “Journal of Business Management & Social Sciences Research” (JBM&SSR) ISSN No: 2319-5614 Volume 2, No.1, January 2013.

https://pdfs.semanticscholar.org/8fcd/6cb961185007b6f929473a716fe588c0ff86.pdf.

Bramwell, Bill., “Coastal Mass Tourism: Diversification And Sustainable Development In Sothern Europe”. Footprint Books Australia (2004)

Kotsi F., Balakrishnan M.S, Michael. I, Ramsøy T.Z., Place Branding : Aligning Multiple Stakeholder

Perception Of Visual And Auditory Communication Elements, “Journal of Destination Marketing & Management 7” , 112–130, 2018

http://dx.doi.org/10.1016/j.jdmm.2016.08.006

Freeman, K., “Creating Strategic Taglines. Strategic Direction”, 21(10), 3–4. 2005, doi:10.1108/02580540510626628

Berg, Per Olof & Guje Sevón, Food-Branding Places–A Sensory Perspective,” Place Branding and Public Diplomacy Journal” Vol. 01. Pages. 1–16. 2015, doi:10.1057/pb.2014.29

Michelson, Aleksandr & Katrin Paadam., “Destination Branding And Reconstructing Symbolic Capital Of Urban Heritage: A Spatially Informed Observational Analysis In Medieval Towns”, 2015.

http://dx.doi.org/10.1016/j.jdmm.2015.12.002

Giuseppe Marzano & Noell Scott., Power In Destination Branding. “Annals of Tourism Research”, Journal,Vol. 36, No. 2, pp. 247–267, 2009. Elsevier ltd. doi:10.1016/j.annals.2009.01.004

Chan, C.-S., & Marafa, L. M., “Chapter 2 Branding Places and Tourist Destinations: A Conceptualisation and Review. The Branding of Tourist Destinations: Theoretical and Empirical Insights”, 15–42, 2018. doi:10.1108/978-1-78769-373-92018100

Kriyantono, Rachmat., “Teknik Praktis : Riset Komunikasi”, Jakarta Kencana Prenada Media Group (2012)

Pustika, N., Mustain. M, & Mukhtasor., “Analisis Pengelolaan Kawasan Pantai Kenjeran Berbasis Masyarakat” (2014)

Kartajaya, Hermawan., “Positioning Diferensiasi Brand: Memenangkan Persaingan dengan Segitiga”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama (2004)

Kladou, S., Kavaratzis, M., Rigopoulou, I., & Salonika, E., “The role of brand elements in destination branding”. Journal of Destination Marketing & Management, 6(4), 426–435, 2017. doi:10.1016/j.jdmm.2016.06.011




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v18i2.6210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023