Strategi Pengembangan UMKM di Koperasi INTAKO Pasca Pandemi Covid-19: Perspektif Teori Bauran Pemasaran dan Partisipasi UMKM
Abstract
Koperasi INTAKO, yang didirikan pada tahun 1976 di Kecamatan Tanggulangin dengan 352 anggota aktif dalam bidang kerajinan kulit, menghadapi tantangan serius akibat pandemi Covid-19 pada periode 2019-2020. Penurunan omzet dari kisaran 700-900 juta rupiah menjadi hanya 20 juta rupiah per bulan mencerminkan kompleksitas tantangan yang diperparah oleh kesulitan adaptasi terhadap era digital. Ketidaksiapan pengrajin dalam manajemen dan distribusi barang secara digital, serta rendahnya literasi teknologi di kalangan mereka, menjadi hambatan utama. Menghadapi permasalahan yang kompleks ini, diperlukan pendekatan holistik yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Dalam perancangan program yang efektif, pemetaan sosial menjadi instrumen krusial untuk memahami problematika sosial, meningkatkan efektivitas program pemberdayaan masyarakat, dan mendorong partisipasi komunitas. Salah satu metode pengumpulan data partisipatoris yang efektif ialah Participatory Rural Appraisal (PRA), yang memiliki kapabilitas untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai dinamika komunitas. Berdasarkan adanya permasalahan dan urgensi partisipasi masyarakat, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Koperasi INTAKO. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan utama adalah pemasaran digital yang terhambat, dengan strategi pengembangan UMKM menggunakan analisis bauran pemasaran 9P. Bentuk partisipasi pelaku UMKM yang tergabung dalam Koperasi INTAKO yaitu partisipasi dalam pelaksanaan kegiatan dan pemanfaatan hasil. Namun, keterlibatan UMKM dalam proses pengambilan keputusan di luar lingkup internal koperasi, serta dalam kegiatan pemantauan dan evaluasi program, masih belum optimal. Keterbatasan anggaran dan kurangnya pelibatan oleh pemerintah dalam proses pengambilan keputusan, pemantauan, dan evaluasi program yang bersifat eksternal menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi. Untuk mengoptimalkan proses pengambilan keputusan dan pemanfaatan hasil pembangunan, diperlukan upaya peningkatan partisipasi pelaku UMKM secara komprehensif dalam berbagai aspek yang terkait dengan pengembangan usaha mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. Safa’atillah, “Pengaruh Piutang Anggota dan Simpanan Wajib Terhadap Perolehan SHU Pada Kopwan ‘LESTARI’ Desa Pangkatrejo.,” Media Mahard., vol. 17, no. 3, pp. 451-462., 2019.
M. Yusuf, A. Agustang, A. Muhammad Idkhan, and R. Rifdan, “Transformasi Lembaga Koperasi Di Era Industri 4.0,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 5, no. 4, pp. 1632–1636, 2021, doi: 10.58258/jisip.v5i4.2584.
S. Vinatra, “Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat,” J. Akuntan Publik, vol. 1, no. 3, pp. 1–08, 2023, [Online].
Available: https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832
T. A. Indarwati, “Photo Product dan Content Marketing Instagram dalam Pemasaran Online Marketing INTAKO,” Abimanyu J. Community Engagem., vol. 2, no. 2, pp. 49–53, 2021, doi: 10.26740/abi.v2i2.14443.
F. & A. R. F. Hadiansyah, “Upaya Resiliensi Pengrajin Tas dan Kulit Intako Tanggulangin pada Masa Pandemi dalam Kerangka Frugal Innovation Firdayanti Hadiansyah 1) , Achmad Room Fitrianto 2),” J. Din. Ekon. dan Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 29–50,
S. Luthfiah, “Kepemimpinan dan Inovasi di Koperasi INTAKO sebagai Kunci Kesuksesan di Era Digital.,” Kompasiana. Accessed: Jan. 19,2024. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/Syaa fde/655ebae6110fce73000a7ed2/Kapan-Bangkitnya-Masa- Kejayaan-Koperasi-Intako.
I. Z. Rela, “Pemetaan Sosial Dan Partisipasi Stakeholder Dalam Perencanaan Program Pemberdayaan Masyarakat,” J. Ilm. Penyul. dan Pengemb. Masy., vol. 3, no. 1, p. 1, 2023, doi: 10.56189/jippm.v3i1.35478.
R. Nuryati, L. Sulistyowati, I. Setiawan, and T. I. Noor, “Pemetaan Sosial (Social Mapping) Masyarakat Dalam Upaya Mendukung Pengembangan Usahatani Polikultur Perkebunan Terintegrasi (Utppt),” J. Agristan, vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.37058/ja.v2i1.2342.
H. C. Prastika, “Peran Pemerintah Daerah Dan Partisipasi Pelaku UsahaMikro Kecil Menengah (Umkm) Dalam Upaya PengembanganKerajinan Kulit Di Kabupaten Magetan,” Thesis (Skripsi) , p. 53, 2017.
M. J. Quero, M. Díaz-Méndez, R. Ventura, and E. Gummesson, “Co-patenting, co-ownership, and co-ideation as drivers for university business innovation: the case of public universities in Spain,” TQM J., vol. 34, no. 7, pp. 115–133, 2022, doi: 10.1108/TQM-03-2022-0087.
M. G. Lodico, D. T. Spaulding, and K. H. Vegetle, Methods in Educational Research: From Theory to Practice. San Francisco: John Wiley and Sons., 2010.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.
Moelong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya., 2018.
J. W. Creswell, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2016.
E. Riadi, Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Edisi 1. Yogyakarta: Andi, 2016.
BPS, “Kecamatan Tanggulangin dalam Angka, 2023.” Accessed: Apr. 28,2024. [Online]. Available: https://sidoarjokab.bps.go.id/publication/2023/09/26/5edec0b78a 214dd7ff961d3d/kecamatan-tanggulangin-dalam-angka- 2023.html.
A. K. INTAKO., “Koperasi INTAKO Industri Tas dan Koper Sejak 1976.”
K. dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group., 2012.
B. Swastha, Manajemen Pemasaran. Edisi ke 2. Jakarta. Jakarta, 2015.
N. Leni and & Harnanik, “Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 6, no. 2, pp. 647– 655, 2017.
Hermawan, Pemasaran. Jakarta: Gramedia, 2018.
Kotler & Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga., 2012.
Christine Christine & and W. Budiawan, “Analisis Pengaruh Marketing Mix ( 7P ) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen ( Studi pada House of Moo, Semarang ),” Ind. Eng. Online J., vol. 6, no. 1, p. 8, 2017, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/15928
S. Kotler, P. Amstrong, G. and Balasubramanian, “Principles of Marketing,” Harlow: Pearson, 2024.
Christopher Lovelock & Lauren Wright, Manajemen Pemasaran Jasa. Alih bahasa Agus Widyantoro, Cetakan Kedua. Jakarta: PT. INDEKS, 2007.
D. P. Ningrum, “Bauran Pemasaran pada Bisnis Chockles Es Cokelat Di Kota Yogyakarta,” J. PIKMA Publ. Ilmu Komun. Media Dan Cine., vol. 3, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: 10.24076/pikma.2020v3i1.346.
Drucker P F, The practice of management. New York: Harper & Row. 1954.
Mardikanto T & Soebiato P, Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: ALFABETA. Alfabeta, 2013.
A. Fahmi, A., Sadi, K., & Muslim, “Implementasi Pengambilan Keputusan Partisipatif Melalui School Based Management,” J. Ilmu Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 10, no. 1, pp. 7–15, 2024.
Freeman R E, Strategic management: A stakeholder approach.
Cambridge university press., 2010.
A. Huraerah, Pengorganisasian dan pengembangan masyarakat: model dan strategi pembangunan berbasis kerakyatan. Bandung: Humaniora, 2008.
N. S. Laksana, “Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa dalam Program Desa Siaga di Desa Bandung Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.,” Kebijak. dan Manaj. Publik, vol. 11, pp. 56–66, 2013.
G. Sumodiningrat, Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Bina Rena Pariwara., 1999.
G. H. Brundtland, “World commission on environment and development.,” Environ. policy law, vol. 14, no. 1, pp. 26-30., 1985.
F. Ife, J., & Tesoriero, Community Development: Community- based alternatives in an age of globalization (3rd ed.). NSW: Pearson Education Australia., 2006.
G. Kotler, P., & Armstrong, Principles of marketing (17th ed.). Upper Saddle River,. NJ. Pearson Education., 2018.
J. Friedmann, Empowerment: The politics of alternative development. John Wiley & Sons., 1992.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j29649714.v2i1.22245
Refbacks
- There are currently no refbacks.