Numerical Analysis of Patrol Boat Performance with a Stern Flap
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Tampier, Gonzalo. 2013. Assesment of Appendage Effect on Forward Resistance Reduction. Ship Science &Technology, Columbia.
Fabian, Bukan. Jenis Jenis Kapal Lut Berdasarkan Fungsinya,(online),https://bukanfabianmr.wordpress.com/2014/12/01/jenis-jenis-kapallaut-berdasarkan-fungsinya/, diakses 4 Februari 2019
Novan M. 2011. Analisa Pengaruh Penambahan Stern Flap Pada Kapal Planing Hull Dalam Usaha MengurangiTahananKapal.https://nvenggcom.blogspot.com/2017/04/apa-itu-cfd-computational-fluid-dynamic.html. Diakses 20 Januari 2019.
Maulana Aktivano (2018). Analisa Penambahan Stern Flap Pada Kapal Hull Planing Chine Axe Bow Pengaruhnya Terhadap Tahanan Kapal, SKRIPSI, Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Dimas, Angger. Aliran Laminer dan Turbulen https://anggerdimas.wordpress.com/2012/05/27/aliran-laminer-dan-turbulen, diakses 20 januari 2019.
Samuel dan Manik, P.2011. Analisa Froude Number Ekonomis Pada Kapal Wisata di Waduk Jatiluhur Dengan Pendekatan Computational Fluid Dynamic (Studi Kasus KM.JASATIRTA), Semarang: Jurnal Teknik Vol.32 No.3 Tahun 2011.
Silaen Guntur Andre, 2008. Analisa Hambatan Kapal Trimaran Pengangkut Ikan, SKRIPSI, Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
Madina, Kapitan, 2011. Pengertian Kontruksi HaluandanBuritanKapal.https://kapitanmadina.wordpress.com/2011/10/13/pengertian-kontruksi-haluan-dan-buritan-kapal/. Diakses 15 Juli 2019.
Maritime World. Kontruksi Haluan dan Buritan Bow danStern,(online),http://www.maritimeworld.web.id/2014/01/Kontruksi-haluan-dan-buritan-bow-dan-stern.html, diakses 14 Januari 2019.
Habibie Sid'qon (2015). Study For The Stern Hull In Shallow Draft Vessel To Increase Ship Performance, THESIS, Teknologi Kelautan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Hidayat, Muhammad. Tahanan Kapal Metode Guldhamer, Holtrop, dan Yamagata.https://academia .edu/12084341/Tahanan¬-Kapal-Metode-Guldhamer-Holtrop-dan-Yamagata,diakses 20 Januari 2019.
Abriansyah, Lukman Arif (2018). Perbandingan Hambatan Kapal Akibat Penambahan Stern Flaps dan Stern Wedges Pada Kapal Cepat Monohull, SKRIPSI, Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Shiju John, 2011.Hydrodinamic Performance Enchancement Using Stern Wedges, Stern Flaps and Interceptor. Naval Science & Technological Laboratory, India.
Rider, 2012. Tahanan Kapal. http://www.rider-system.net/2012/12/tahanan-kapal.html. Diakses 15 Juli 2019.
O. Yaakob, S. Shamsuddin and K. K. King, "Stern Flap For Resistance Reduction of Planing Hull Craff: A Case Study With a Fast Crew Boat Model. Jurnal Teknologi, 2004.
Cusnaelli, Dominic S. 2002. Stern Flap-A Chronicle of Succes at Sea. Naval Surface Water Center.
Gilang Bayu Pangestu (2018). Analisa Pengaruh Penambahan Integrated Stern Wedge-Flap Terhadap Hambatan Kapal Dengan Metode CFD, SKRIPSI, Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Giffari. 2007. Apa itu CFD (Computational Fluid Dynamic).https://nvenggcom.blogspot.com/2017/04/apa-itu-cfd-computational-fluid-dynamic.html. Diakses, 20 Januari 2019
Ahmad, F. 2009. Computational Fluid Dynamic (CFD). Diakses Januari 2019. fauzanahmad.wordpress.com
Numeca International [2014], Numeca Fine Open Manual Book, Belgium
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j25481479.v5i2.5560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
| |||
|
|
|
|
P-ISSN: 2541-5972
E-ISSN: 2548-1479
IJMEIR journal published by Department of Marine Engineering, Faculty of Marine Technology, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Indonesia under licenced Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licence. Based on https://iptek.its.ac.id/index.php/ijmeir/