Dampak Perubahan Perilaku Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring

Ega Riski Suci Cahyani, Khusnul Khotimah, Risca Agustin, Ardina Eka Nawang Sari, Alfisyahrina Hapsery

Abstract


Kebijakan system pembelajaran daring dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 menuntut mahasiswa untuk segera beradaptasi dengan berbagai macam bantuan teknologi yang telah berkembang cukup pesat di era saat ini. Interaksi mahasiswa dan dosen menjadi berkurang, begitu juga antar mahasiswa yang semakin susah untuk saling berdiskusi. Interaksi dan perilaku sosial yang efektif akan memberikan dampak terhadap proses pembelajaran yang efektif pula. Sehingga untuk mengetahui pengaruh perubahan perilaku sosial mahasiswa terhadap efektifitas pembelajaran di tengah pandemi, perlu dilakukan kajian guna menciptakan sistem pembelajaran yang lebih efektif, nyaman, dan efisien. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengetahui pengaruh tersebut yaitu dengan analisis regresi logistik biner. Analisis regresi logistik biner merupakan salah satu metode yang dapat menggambarkan hubungan antara variabel respon (berskala biner yaitu mempunyai dua kategori) dan variabel independennya. Hasil penelitian diperoleh bahwa 85% dari mahasiswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian merasa bahwa pembelajaran daring sudah efektif pelaksanaannya. Diperoleh variabel yang berpengaruh signifikan terhadap efektifitas pembelajaran adalah variabel Interaksi dengan Mahasiswa dan variabel Perilaku Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa akan berpeluang mengalami pembelajaran yang efektif sebesar 99,98% apabila mengalami perubahan positif terhadap interaksi antar mahasiswa dan perubahan positif terhadap perilaku belajarnya selama pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud, “Surat Edaran Kemendikbud No. 3 Tahun 2020. Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan.,” 2020.

Kemendikbud, “Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020. Pelaksanaan KebijakanPendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Covid 19.,” 2020.

Z. D. Ulfa and U. Z. Mikdar, “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya,” JOSSAE (Journal Sport Sci. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 124–138, 2020.

N. B. Argaheni, “Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia,” PLACENTUM J. Ilm. Kesehat. dan Apl., vol. 8, no. 2, pp. 99–108, 2020.

B. Farah and R. D. Nasution, “Analisis perubahan orientasi pola hidup mahasiswa pasca berakhirnya masa pandemi covid-19,” J. Noken Ilmu-Ilmu Sos., vol. 5, no. 2, pp. 23–36, 2020.

D. W. Hosmer Jr, S. Lemeshow, and R. X. Sturdivant, Applied logistic regression, vol. 398. John Wiley & Sons, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v4i2.10896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats