Analisis Kepuasan Pasien dan Pelaksana Terhadap Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Elektronik (Simpustronik) di Kabupaten Blitar Menggunakan Regresi Logistik Biner

Rahmad Adi Subektianto, Madu Ratna, Ismaini Zain

Abstract


Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar berusaha meningkatkan kualitas kesehatan. Salah satunya dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Elektronik (Simpustronik). Simpustronik mempermudah perekapan data pasien dan integrasi rekam medik pasien dengan pelayanan kesehatan lainnya. Sistem berjalan dengan baik ketika pengguna merasa puas terhadap sistem tersebut, oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan analisis kepuasan pasien dan pelaksana terhadap Simpustronik. Mulai dari kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang terjadi, posisi kuadran dari setiap dimensi yang perlu diperbaiki, indeks kepuasan, dan model regresi logistik biner untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dan pelaksana terhadap Simpustronik. Data analisis diperoleh dengan survey dengan jumlah sampel 120 pelaksana dan 140 pasien menggunakan simple random sampling. Hasil akhir diperoleh 15 indikator dengan 5 dimensi pembentuk kepuasan pasien dan 13 indikator dengan 6 dimensi pembentuk kepuasan pelaksana dapat disimpulkan valid dan reliabel. Pasien dan Pelaksana ternyata masih merasakan Gap atau kesenjangan antara harapan dan kenyataan terhadap Simpustronik. Namun jika secara indeks kepuasan persentase kepuasan pasien sebesar 0,7336 dan kepuasan pelaksana 0,659. Jika dilihat dari Importance Performance Analysis (IPA) bagi pasien, pengelola sistem perlu melakukan perbaikan faktor responsif dari Simpustronik, sedangkan untuk pelaksana tidak perlu dilakukan perbaikan. Hasil regresi logistik biner untuk pasien dari 11 variabel karakteristik diperoleh 5 variabel karakteristik ber-pengaruh signifikan dengan ketepatan klasifikasi model sebesar 67,1% dan untuk pelaksana dari 12 variabel karakteristik diperoleh 6 variabel karakteristik ber-pengaruh signifikan dengan sebesar 61,7%.

Keywords


Analisis Gap; Importance Performance Analysis; Indeks Kepuasan; Simpustronik; Regresi Logistik Biner

Full Text:

PDF

References


S. Santoso, Statistik Nonparametrik, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.

F. Tjiptono and G. Chandra, Service, Quality, and Satisfaction (3 ed.), Yogyakarta, 2011.

Aritonang and R. Lerbin, Kepuasan Pelanggan Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Hosmer and Lemeshow, Applied Logistic Regression, USA: John Wiley & Sons, 2000.

Parasuraman, V. A. Zeithaml and L. L. Berry, "SERVQUAL:A multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.," Journal of Retailing, vol. 64, no. 1, 1998.

DeLone and McLean, "The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update," Journal of Management Information Systems, vol. 19, no. 14, pp. 9-30, 2003.

R. Walpole, Intoduction to Statistics, New York: Macmillan Publishing Co. Inc, 1995.

I. Ghozali, Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS), Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.

J. Hair, W. C. Black, W. J. Babin and R. Anderson, Multivariate Data Analysis., New Jersey: Pearson Education International, 2010.

W. Mendenhall, Statistika untuk Manajemen dan Ekonomi, Jakarta: Penerbit Erlangga, 1982.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v1i1.6718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats