Penentuan Waktu Optimum Preventive Maintenance pada Mesin Pellet Mill di PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Unit Margomulyo menggunakan Metode Geometric Process

Zahrina Luthfi Raudina, Agus Suharsono, Haryono Haryono

Abstract


PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Unit Margomulyo merupakan perusahaan yang berfokus pada kebutuhan pakan ternak khususnya ternak ayam broiler. Proses produksi pakan ternak dibantu oleh beberapa mesin salah satunya adalah mesin Pellet Mill. Mesin Pellet Mill merupakan mesin yang berfungsi untuk pembentukan pellet pada pakan ternak. Beberapakali mesin Pellet Mill mengalami kerusakan ditengah proses produksi, sehingga mengganggu proses produksi. Perbaikan pada mesin tidak selamanya efisien karena semakin sering mesin mengalami perbaikan maka keandalan mesin akan semakin menurun dan laju kerusakan semakin meningkat seiring bertambahnya waktu. Geometric Process merupakan metode yang sesuai untuk memodelkan permasalahan tersebut karena mesin setelah mengalami perbaikan maka dianggap memiliki kinerja dan keandalan yang menurun secara linier. Pada penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu optimum perusahaan melakukan tindakan pemeliharaan pada mesin Pellet Mill 5.12 dan 8.12 berupa perbaikan, pengecekan seluruh komponen, dan melakukan penggantian komponen. Hasil penelitian menunjukkan waktu optimum untuk pemeliharaan mesin Pellet Mill 5.12 adalah pada kerusakan ke-8 dengan estimasi rata-rata biaya jangka panjang sebesar Rp 3.812.096 perjam dan pada mesin Pellet Mill 8.12 pada kerusakan ke-7 dengan estimasi rata-rata biaya jangka panjang Rp 7.344.398 perjam

Keywords


Geometric Process; Mesin Pellet Mill; Preventive Maintenance

Full Text:

PDF

References


D. W. Ariani, Pengendalian Kualitas Statistik Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas, Yogyakarta: Andi, 2004.

S. Rigdon and A. Basu, Statistical Methods for the Reliability of Repairable System, New York: John Wiley & Sons, 2000.

Y. Lam, "Nonparametric Inference for Geometric Processes," Communications in Statistics - Teory and Methods, pp. 2083-2105, 1992.

F. K. Leung and C. Fong, "A Repair-Replacement Study for Gearboxes Using Geometric Processes," International Journal of Quality & Reliability Management, vol. 17, no. 3, pp. 285-304, 2000.

P. Permatasari, "Optimasi Waktu Penggantian Komponen Air Cycle Machine (ACM) Pesawat Terbang CRJ-1000 Menggunakan Metode Geometric Process," Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 5, 2016.

Y. Lam, "A Note on the optimal replacement problem," Advances in Applied Probability, pp. 479-482, 1988.

T. C. Adams, "John F Kenedy Space Center," [Online]. Available: https://kscddms.ksc.nasa.gov/Reliability/Document/Laplace_Test.pdf. [Accessed 6 Juni 2017].

G. J. Wang and Y. L. Zhang, "Geometric Process model for a system with inspections adn preventive repair," Computers & Industrial Engineering, pp. 13-19, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v1i2.6725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats