Pemodelan Jumlah Persediaan Suku Cadang Mesin ATM di Provinsi Jawa Timur dengan Regresi Spasial

Mohammad Naufal Abdullah, Rifda Zukhrufi Almas, Amelia Kurnia Salwa, Sutikno Sutikno

Abstract


Pelayanan ATM (Automated Teller Machine) adalah layanan perbankan yang dilakukan melalui mesin ATM yang dapat melayani selama 24 jam. Selain dapat membantu nasabah terkadang mesin ATM seringkali mengalami masalah kerusakan mesin. Pengalokasian persediaan suku cadang dari supplier ke gudang penyimpanan suku cadang (warehouse) yang berada di berbagai wilayah harus dilakukan dengan optimum dan efisien. Kasus ini mengandung informasi spasial, maka analisis data tidak akurat jika hanya menggunakan analisis regresi sederhana Penelitian ini akan membahas pemodelan jumlah persediaan suku cadang mesin ATM di Provinsi Jawa Timur. Sumber data pada penelitian ini adalah dari tugas akhir “Pemodelan Alokasi Persediaan Suku Cadang dengan Mempertimbangkan Pengaruh Spasial” oleh Siti Nur Afifah (1213100083). Metode yang akan digunakan adalah regresi spasial, karena diduga terdapat dependensi spasial pada variabelnya, sehingga dapat diketahui variabel prediktor yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah persediaan suku cadang mesin ATM di Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa jumlah persediaan suku cadang setiap kabupaten/kota di Jawa Timur berdistribusi normal dan terdapat dependensi spasial. Setelah dilakukan uji Lagrange Multiplier, dilanjutkan pemodelan menggunakan Spatial Lag Model (SLM) dan Spatial Error Model (SEM). Jumlah kerusakan suku cadang dan lifetime suku cadang  berpengaruh signifikan terhadap jumlah persediaan suku cadang Provinsi Jawa Timur pada taraf signifikan 10%. Harga suku cadang tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah persediaan suku cadang. Spatial Error Model adalah model terbaik dalam pemodelan jumlah persediaan suku cadang mesin ATM di Provinsi Jawa Timur.

Keywords


Dependensi Spasial; Jumlah Persediaan Suku Cadang; Regresi OLS; Spatial Error Model; Spatial Lag Model

Full Text:

PDF

References


B.A. Yuwono, “Analisa Dari Desain Dan Permasalahan pada Mesin Atm di Bank Mega”, Jakarta, Universitas Gunadarma, 2007.

L. Anselin, “Spatial Econometrics : Methods and Models”, Netherlands, Kluwer Academic Publishers, 1988.

B. Sumantri, "Analisis Regresi Terapan Edisi Kedua," in Applied Regression Analysis (Second Edition), Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 1992, p. 688.

M. D. Ward and K. S. Gleditsch, Spatial Regression Model, California: Sage Publications, Inc, 2008.

J. P. LeSage, The Theory and Practice of Spatial Econometrics, Asia Pacific Press, 1999




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v2i1.6811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats