Topic Discovery pada Dokumen Abstrak Jurnal Penelitian di Science Direct Menggunakan Association Rule

Mochammad Farros Fatchur Roji, Irhamah Irhamah

Abstract


pemahaman mengenai ilmu berdasarkan review dari ilmuwan. Karakteristik jurnal seperti update berkaitan dengan teori dibandingkan buku, pembahasan yang lebih ringkas, sebagai referensi alternative, aplikasi dan implementasi dunia nyata. Jurnal yang telah dibuat dalam bentuk digitalisasi memiliki istilah lain yaitu file atau soft copy dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, yang saat ini menjadi salah satu koleksi perpustakaan digital. Data yang di gunakan berasal dari ScienceDirect. ScienceDirect adalah database yang berisi kumpulan dokumen full-text yang berkualitas yang telah diperiksa oleh peer-review Elsevier. Dokumen abstrak dari sciencedirect tersebut nantinya akan dilakukan pre processing terlebih dahulu. Kemudian di lanjutkan dengan association rule dan pearson correlation setelahnya. Pada association rule term kata jika menggunakan min support 2 % maka di dapatkan frequent itemset sebanyak 72, closed frequent itemset sebanyak 55, dan remove subset sebanyak 41 itemset. Kemudian saat di lakukan analisis korelasi pada itemset remove subset. Di dapatkan bayesian,model yaitu itemset yang paling banyak memiliki hubungan. Kemudian pada topic community dengan cfinder terbagi menjadi dua komunitas dan terdapat irisan sebanyak 6 itemset.

Keywords


Association Rule; E-Jurnal; Pearson Correlation; Pre processing; ScienceDirect

Full Text:

PDF

References


L. H. Jose, A. Ankur and Z. Xingquan, Topic discovery and future trend forecasting for texts, Florida: Department of Computer and Electrical Engineering and Computer Science Florida Atlantic University, 2016.

U. Setyawati, 2008. [Online]. Available: https://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse.

Elsevier, 2015. [Online]. Available: http://digilib.undip.ac.id/v2/wpcontent/uploads/2016/. [Accessed 23 January 2019].

D. M. Christopher, P. R. and S. Hinrich, Introduction to Information Retrieval 1st Edition, England: Cambridge University Press, 2008.

Z. Chengqi, Association Rule Mining : Models and Algorithms, 2002.

L. E. T. Kusrini, Algoritma Data Mining, Yogyakarta.: Andi, 2009.

D. Kusumo, M. Bijaksana and D. Darmantoro, "Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada RDBMS Oracle," Jurnal Penelitian, p. 1–5, 2016.

Priyanto and D., Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS, Yogyakarta: Mediakom, 2013.

N. Pasquier, Y. Bastide, R. Taoull and L. Lakhal, "Efficient Mining of Association Rules Using Closed Itemset Lattices," Information Systems, 1999.

L. Zhuang and H. Dai, "A Maximal Frequent Itemset Approach for Web Document Clustering," in 4th International Conference on Computer and Information Technology, 2004.

R. Walpole, Intoduction to Statistics, New York: Macmillan Publishing Co. Inc, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v2i2.6824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats