Pemodelan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan di Jawa Barat Menggunakan Regresi Nonparametrik Spline Truncated

Nurul Izzah, I Nyoman Budiantara

Abstract


Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) merupakan ukuran proporsi penduduk usia kerja suatu daerah yang bergerak aktif di pasar tenaga kerja dan menjadi faktor penting dalam menggerakan pembangunan. Proses pembangu-nan di suatu negara tidak bisa terlepas dari peran perempuan, khususnya dalam kegiatan ekonomi. Di Jawa Barat, nilai TPAK perempuan sebesar 42,37% tahun 2018. Angka tersebut termasuk rendah jika dibandingkan dengan nilai TPAK perem-puan di daerah lain. Penyebab rendahnya TPAK perempuan dipengaruhi beberapa faktor, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhinya dilakukan penelitian menggunakan Regresi Nonparametrik Spline Truncated. Karena pola hubungan yang ditunjukan antara persentase TPAK perempuan dengan faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya tidak mengikuti pola tertentu. Berdasarkan nilai GCV yang paling minimum, model terbaik adalah menggunakan kombinasi titik knot (1,2,3,1). Hasil pengujian signifikansi parameter menunjukkan bahwa terdapat empat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap persentase TPAK perempuan di Jawa Barat yaitu persentase perempuan dengan pendidikan tertinggi yang dita-matkan minimal SLTA, persentase perempuan berstatus menikah, UMK, dan PDRB per kapita. Serta hasil pengujian asumsi residual menunjukkan semua asumsi terpenuhi dengan nilai koefisien determinasi dari model sebesar 94,59%.

Keywords


GCV; Jawa Barat; Regresi Nonparametrik Spline Truncated; TPAK Perempuan; Titik Knot

Full Text:

PDF

References


International-Labour-Organization, Key Indicators of the Labour Market, Ninth Edition, Geneva: International Labour Office., 2016.

Badan-Pusat-Statistik-Jawa-Barat, Keadaan Angkatan Kerja Provinsi Jawa Barat Agustus 2018, Jawa Barat: BPS Provinsi Jawa Barat, 2018.

R. L. Eubank, Nonparametric Regression and Spline Smoothing (2nd Edition.), USA: Marcel Dekker, 1999.

W. Hardle, Applied Nonparametric Regression, New York: Cambridge University Press, 1990.

I. N. Budiantara, "Model Spline dengan Knot Optimal," Jurnal Ilmu Dasar, vol. 7, pp. 77-85, 2006.

N. R. Draper and H. Smith, Applied Regression Analysis (3rd Edition), New York: John Wiley and Sons Inc, 1998.

D. Gujarati, Basic Econometrics (4th edition), New York: The McGraw-Hill., 2004.

W. W. Daniel, Statistika Non Parametrik., Jakarta: PT. Gramedia, 1989.

R. D. Handoyo, Ekonomi Sumber Daya Manusia., Surabaya: Universitas Airlangga., 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v3i1.6878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats