Analisis Regresi Logistik Biner pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jenis Perceraian di Kabupaten Lumajang

Taufiqotul Masrukha Tesha Nisva, Vita Ratnasari

Abstract


Angka perceraian di Jawa Timur cukup mengkhawatirkan karena terjadi kenaikan 4.116 kasus pada tahun 2018 dan menyumbang 21,8% dari kasus perceraian di Indonesia. Perceraian di Lumajang dalam tiga tahun terakhir terjadi kenaikan jumlah kasus perceraian. Banyak faktor yang mempengaruhi jenis perceraian. Di antaranya ialah usia saat menikah, tingkat pendidikan, lama pernikahan, jenis pekerjaan, dan variabel lainnya. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi jenis perceraian, riset lebih lanjut dapat dilakukan dengan analisis regresi logistik. Terdapat dua jenis perceraian, yakni cerai gugat dan cerai talak. Penelitian ini menggunakan metode regresi logistik biner untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, lama pernikahan, usia saat menikah, dan variabel lainnya terhadap jenis perceraian yang selanjutnya diperoleh pemodelan faktor yang mempengaruhi jenis perceraian. Hasil yang diperoleh adalah bahwa sebanyak 71,8% kasus cerai di Kabupaten Lumajang merupakan cerai gugat dan sisanya berupa cerai talak. Di Kabupaten Lumajang terdapat kasus pernikahan dini. Variabel yang berpengaruh signifikan terhadap jenis per-ceraian adalah usia pemohon/penggugat dan termohon/tergugat saat menikah, pendidikan pemohon/penggugat, pekerjaan pemohon/penggugat dan termohon/tergugat, keadaan istri saat jatuh talak, dan penyebab perceraian.

Keywords


Jenis Perceraian; Regresi Logistik Biner

Full Text:

PDF

References


R. P. Newman and M. B. Newman, Principles of Psychology, Illinois: The Dorsey Press, 1983.

A. Agresti, Categorical Data Analysis, New Jersey: John Wiley & Sons, 2002.

D. Gujarati, Basic Econometrics (4th edition), New York: The McGraw-Hill., 2004.

Hosmer and Lemeshow, Applied Logistic Regression, USA: John Wiley & Sons, 2000.

R. Johnson and D. Wichern, Applied Multivariate Statistical Analysis, New Jersey: Pearson Education, 2007.

J. Huang and C. Ling, "Using AUC and Accuracy in Evaluating Learning Algorithms," Transactions on Knowledge and Data Engineering, vol. 17, no. 3, pp. 299-310, 2005.

G. James, D. Witten, T. Hastie and R. Tibshirani, An Introduction to Statistical Learning with Applications in R, New York: Springer Science+Business Media, 2013.

D. M. Putra and V. Ratnasari, Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Jawa Timur dengan Menggunakan Regresi Logistik Ridge, Surabaya: Teknologi Sepuluh Nopember, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v3i1.6879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats