Pemodelan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Ibu di Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 dan Tahun 2018 Menggunakan Bivariate Gamma Regression

Barep Adji Widhi Pangestu, Purhadi Purhadi

Abstract


Kematian Bayi dan Ibu merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan utama dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Ibu di Jawa Timur dikhawatirkan dapat meningkat melewati target yang ditentukan SDGs. Salah satu upaya untuk menekan angka kematian bayi maupun ibu adalah dengan terus menelaah faktor-faktor penyebabnya. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan metode Bivariat Gamma Regression untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Ibu. Data yang digunakan berasal dari Dinas Kesehatan Jawa Timur berupa publikasi Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur tahun 2017 dan 2018. Variabel yang diduga mempengaruhi Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Ibu adalah persentase persalinan oleh tenaga kesehatan, persentase komplikasi kebidanan yang ditangani, persentase bayi lahir berat badan rendah, persentase penduduk miskin, dan persentase perempuan kawin dibawah 17 tahun. Pada pengujian kesamaan model BGR tahun 2017 dan tahun 2018 menghasilkan model yang berbeda.

Keywords


Bivariate Gamma Regression; Angka Kematian Bayi ; Angka Kematian Ibu

Full Text:

PDF

References


Dinkes Provinsi Jawa Timur, “Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur,” Dinkes Jawa Timur, Surabaya, 2018.

R. Walpole, Pengantar Statistika, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.

T. A. Ewemoje dan O. S. Ewemooje, “Best Distribution and Plotting Positions of Daily Maximum Flood Estimation at Ona River in Ogun-Oshun River Basin,” Agricultural Engineering International, pp. 1-13, 2011.

S. Nadarajah dan A. K. Gupta, “Some Bivariate Gamma Distributions,” Applied Mathematics Letters 19, pp. 767-774, 2006.

D. E. Putri, Purhadi dan D. D. Prastyo, “Parameter estimation and hypothesis testing on geographically weighted gamma regression,” The Asian Mathematical Conference 2016 , pp. 1-7, 2017.

G. Casella dan R. L. Berge, Statistical Inference, United State of America: Thomson Learning Inc., 2002.

J. R. Budiani, Purhadi dan S. W. Purnami, Penaksiran Parameter dan Statistik Uji Bivariate Gamma Regression, Surabaya: ITS, 2018.

D. N. Gujarati, Basic Econometrics, Fourth penyunt., Gary Burke, 2003.

D. K. Dewi, Purhadi dan Sutikno, “Geographically Weighted Bivariate Gamma Regression in The Analysis of Maternal Mortality Rate and Infant Mortality Rate in North Sumatra Province 2017,” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v3i2.7363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats