Penerapan Grafik Kendali Mixed Multivariate EWMA-CUSUM pada Pengendalian Kualitas Air Produksi PDAM Surya Sembada Surabaya

Nisfi Hemas Diga, Wibawati Wibawati

Abstract


PDAM Surya Sembada Surabaya merupakan perusahaan milik pemerintah Kota Surabaya yang bergerak dalam bidang pengolahan air minum. Visi dari perusahaan PDAM Surya Sembada adalah menjadi perusahaan air minum modern. Oleh karena itu, kualitas air produksi PDAM Surya Sembada Surabaya harus selalu diperhatikan. Selain itu kualitas kebersihan air bersih dapat dilihat dari parameter fisika, kimia, mikrobiologi, serta radioaktivitas yang terdapat pada air, hal tersebut diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 416 tahun 1990. Jika terdapat perubahan karakteristik pada air maka kualitas air juga akan menurun. Oleh karena itu akan dilakukan penelitian mengenai pengendalian kualitas pada air produksi PDAM Surya Sembada Surabaya. Penelitian ini akan dilakukan menggunakan grafik kendali multivariat penggabungan dari MEWMA-MCUSUM yang disebut dengan grafik kendali MEC. Grafik kendali MEC terbagi menjadi dua yaitu MEC1 dan MEC2. Variabel yang akan digunakan adalah turbidity, sisa Chlor, dan Zat Organik KMnO4. Setelah dilakukan analisis pengendalian kualitas menggunakan MEC1 dan MEC2 maka akan dibandingkan grafik kendali yang memberikan hasil terbaik pada data turbidity, sisa Chlor, dan zat organik. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan grafik kendali MEC1 dan MEC2 didapatkan hasil bahwa proses produksi air produksi tidak terkendali secara statistik. Grafik kendali MEC1 yang diterapkan pada data penelitian ini lebih sensitif dari grafik MEC2 karena menghasilkan lebih banyak pengamatan yang out of control. Setelah dilakukan identifikasi, variabel zat organik adalah variabel yang berpengaruh paling besar terhadap terjadinya out of control. Jika dilihat dari kapabilitas prosesnya, proses produksi air produksi di PDAM Surya Sembada Surabaya IPAM Ngagel I tidak kapabel. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada perusahaan PDAM Surya Sembada Surabaya sebagai evaluasi proses produksi air.

Keywords


Grafik Kendali; Pengendalian Kualitas; PDAM Surya Sembada Surabaya; MEC

Full Text:

PDF

References


N. V. Suseno and M. Widyastuti, "Analisis Kualitas Air PDAM Tirta Manggar Kota Balikpapan," Jurnal Bumi Indonesia Vol. 6 No. 1 Tahun 2017, pp. 1-8, 2017.

W. Indarsih, S. Suprayogi and M. Widyastuti, "Kajian Kualitas Air Sungai Bedog Akibat Pembuangan Limbah Cair Sentra Industri Batik Desa Wijirejo," Majalah Geografi Indonesia Vol. 25, No. 1, Maret 2011, pp. 40-54, 2011.

PDAM Surya Sembada Surabaya, "Visi dan Misi PDAM Surya Sembada Surabaya" 2012. [Online]. Available: https://www.pdam-sby.go.id/page.php?get=visi-misi&bhs=1.

J. Heizer, B. Render and C. Munson, Principles of Operation Mana-gement, New York: Pearson Education Limited, 2017.

R. A. Johnson and D. Wichern, Applied Multivariate Statistical Aanalysis, United States of America: Prentince Hall, 2007.

D. F. Morrison, Multivariate Statistical Methods, Forth Edition ed. USA: McGraw-Hill, Inc., 2005.

D. C. Montgomery, Introduction to Statistical Quality Control, USA: John Wiley & Sons, Inc, 2013.

S. Raissi, "Multivariate Process Capability Indices on The Presence of Priority for Quality Characteristics," Journal of Industrial Engineering International, pp. 27-36, 2009.

J. O. Ajadi and M. Riaz, "Mixed Multivariate Ewma-Cusum Control Charts for an Improved Process Monitoring," Communications in Statistics - Theory and Mathods, pp. 1-37, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213862.v3i2.7713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Inferensi by Department of Statistics ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/inferensi.

ISSN:  0216-308X

e-ISSN: 2721-3862

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats