Pemodelan Hujan-Debit Menggunakan Model HEC-HMS Di DAS Bengawan Solo Hulu

Wiliya Wiliya

Abstract


DAS Bengawan Solo memiliki berbagai permasalahan salah satunya yaitu banjir saat musim penghujan dan kekeringan saat musim kemarau. Salah satu penyebab terjadinya banjir adalah perubahan tata guna lahan yang mengakibatkan bertambahnya jumlah limpasan sungai Bengawan Solo Hulu. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi hal ini adalah dengan pemodelan hujan debit untuk mendekati nilai-nilai hidrologi di lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan besaran debit simulasi dengan debit observasi yang terjadi di DAS Bengawan Solo Hulu. Data yang digunakan adalah debit observasi, curah hujan, peta tata guna lahan, peta jenis tanah, dan peta topografi. Hasil dari pemodelan ini adalah NSE sebesar 0.578 dengan debit puncak simulasi sebesar 805.03 m3/dt yang terjadi pada tanggal 23 Maret 2019.

Keywords


Model Hujan-Debit, HEC-HMS

Full Text:

PDF

References


N. A. Affandy, “PEMODELAN HUJAN-DEBIT MENGGUNAKAN MODEL HEC-HMS DI DAS,” no. February, 2019.

G. Tunas, “Kalibrasi Parameter Model Hec-Hms,” vol. lim, 2005.

D. H. U. Ningsih, “Metode Thiessen Polygon untuk Ramalan Sebaran Curah Hujan Periode Tertentu pada Wilayah yang Tidak Memiliki Data Curah Hujan,” J. Teknol. Inf. Din., vol. Volume 17, no. No 2, pp. 154–163, 2012.

Soedibyo, Teknik Bendungan, Cetakan Ke. Jakarta: Pradnya Paramita, 2003.

L. Belakang, P. Masalah, and T. Penelitian, “ANALISIS DEBIT BANJIR ANAK SUNGAI TIKALA PADA TITIK TINJAUAN KELURAHAN BANJER LINK . V KECAMATAN TIKALA DENGAN MENGGUNAKAN HEC-HMS DAN HEC-RAS Novia Ros Rante Jeffry S . F . Sumarauw , Eveline M . Wuisan Universitas Sam Ratulangi Fakultas Teknik Jurusan S,” vol. 14, no. 65, 2016.

Y. E. P. Nggarang, A. H. Pattiraja, and S. B. Henong, “Analisa Perbandingan Penentuan Debit Rencana Menggunakan Metode Nakayasu Dan Simulasi Aplikasi Hec-Hms Di Das Lowo Rea,” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 23–33, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v20i2.11915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats