Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Grha Padmanaba

Raafi Widyaputra Yulianyahya

Abstract


Pembangunan Grha Padmanaba diperkirakan akan menimbulkan dampak terhadap kinerja lalu lintas di sekitarnya. Jumlah siswa pada saat operasional akan berjumlah 765 siswa, sehingga pembangunan Grha Padmanaba termasuk kategori wajib Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kinerja lalu lintas di sekitar daerah pembangunan, memprediksi bangkitan dan tarikan yang terjadi, dan memprediksi dampak yang ditimbulkan. Metode analisis yang digunakan yaitu dengan pendekatan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI, 1997). Luaran yang digunakan dari MKJI 1997 adalah tundaan dan derajat kejenuhan, dimana tundaan dan derajat kejenuhan digunakan untuk melihat kondisi eksisting lalu lintas di sekitar lokasi sebelum adanya pembangunan dan prediksi ketika operasional bangunan sekaligus prediksi 5 tahun kedepan. Hasil yang didapat dari analisa prediksi saat operasional Grha Padmanaba pada tahun 2022 adalah terjadi peningkatan derajat kejenuhan pada Simpang Tak Bersinyal McD Sudirman. Simpang Gramdeia, dan Simpang Terban. Kemudian prediksi saat kondisi 5 tahun mendatang terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada simpang tersebut. Dari hasil analisis yang didapatkan kemudian disimpulkan beberapa rekomendasi untuk meminimalisir kepadatan yang terjadi akibat operasional Grha Padmanaba.

Keywords


Dampak Lalu Lintas; Bangkitan dan Tarikan; Sekolah

Full Text:

PDF

References


K. S. R. I. Bindu, V. Navya, V. Jaswanth, and N. Ashok, “Traffic Impact Assessment in Vijayawada At Junction , Commerical,” pp. 7277–7290, 2019.

S. Padma, S. Velmurugan, N. Kalsi, K. Ravinder, M. Erramapalli, and S. Kannan, “Traffic Impact Assessment for Sustainable Development in Urban Areas,” Transp. Res. Procedia, vol. 48, no. 2019, pp. 3173–3187, 2020, doi: 10.1016/j.trpro.2020.08.165.

L. W. May et al., “An overview of the practice of traffic impact assessment in Malaysia,” Int. J. Eng. Adv. Technol., vol. 8, no. 5, pp. 914–921, 2019, doi: 10.35940/ijeat.E1130.0585C19.

Pemerintah Republik Indonesia, “Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas,” Pemerintah Republik Indones., 2011.

P. Ponnurangam and G. Umadevi, “Traffic Impact Analysis (TIA) for Chennai IT Corridor,” Transp. Res. Procedia, vol. 17, no. December 2014, pp. 234–243, 2016, doi: 10.1016/j.trpro.2016.11.079.

A. Munawar, “Analisis Dampak Lalulintas Pembangunan Pusat Perbelanjaan: Studi Kasus Plaza Ambarukmo,” J. Sains &Teknologi Lingkung., vol. 1, no. 1, pp. 27–37, 2009, doi: 10.20885/jstl.vol1.iss1.art2.

K. PUPR, “Highway Capacity Manual Project (HCM),” Man. Kapasitas Jalan Indones., vol. 1, no. I, p. 564, 1997.

K. Y. Dishub, “Normalisasi Simpang Kota Yogyakarta,” Yogyakarta, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v20i3.12194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats