Analisis Evaluasi Waste Management pada Proyek Konstruksi Gedung di Kota Surabaya

Akhmad Zadhi Nashruddin, Farida Rachmawati

Abstract


Dalam pelaksanaan proyek konstruksi, terdapat potensi dihasilkannya waste berupa sisa material. Untuk itu, beberapa proyek konstruksi telah melakukan upaya pencegahan dan pengelolaan limbah atau yang disebut waste management. Akan tetapi, dalam pelaksanaan waste management perlu diukur keefektifan untuk mengetahui upaya yang dilakukan stakeholder dalam mendukung green construction. Pada penelitian ini, dilakukan evaluasi pelaksanaan waste management menggunakan metode statistik analisis deskriptif menggunakan nilai mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor tenaga kerja sudah bekerja efektif, sedangkan faktor material, metode, dan manajemen masih bekerja kurang efektif. Dari total 25 variabel yang valid dan reliabel, 13 variabel bekerja secara efektif dan 12 variabel bekerja kurang efektif. Variabel yang bekerja paling efektif adalah variabel ketentuan dalam kontrak untuk pekerja dalam urusan mengelola limbah konstruksi dan variabel yang bekerja paling kurang efektif adalah variabel memasang peralatan untuk mendaur ulang limbah konstruksi di lokasi proyek.

Keywords


Waste Management; Evaluasi; Efektivitas

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika, Statistik Indonesia Tahun 2020, Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik, 2020.

H. H. Lau dan A. Whyte, “A Construction Waste Study for Residential Projects in Miri, Sarawak,” dalam Proceeding of the Conference on Sustainable Building South East Asia, Malaysia, 2007.

R. Koshy dan E. Apte, “Waste Minimization of Constructoon Materials on Bridge Site (Cement and Reinforcement Steel) - A Regression and Correlation Analysis,” International Journal of Engineering and Innovative Technology, pp. 2(1) : 6-14, 2012.

J. Wang, H. Wu, H. Duan, G. Zillante, J. Zuo dan H. Yuan, “Combining Life Cycle Assessment and Building Information Modelling to Account for Caron Emission of Building Demolition Waste: A Case Study,” J. Clean Prod. 172, pp. 3154-3166, 2018.

S. H. Ghaffar, M. Burman dan N. Braimah, “Pathways to Circular Construction: An Integrated Management of Construction and Demolition Waste for Resource Recovery,” Journal of Cleaner Production 244(1) : article 118710, 2020.

A. Ma'ruf, I. Kustiani dan N. Arifaini, Persepsi Mengenai Manfaat Manajemen Limbah Konstruksi Studi Kasus Proyek Konstruksi di Bandar Lampung, Lampung: Fakultas Teknik Universitas Lampung, 2017.

A. Triandini, R. Waluyo dan W. Nuswantoro, “Konsep dan Penerapan Waste Management pada Kontraktor di Palangkaraya,” Jurnal Teknika Volume 2 No. 2, April 2019, pp. 90-100, 2019.

B. F. Putra, Analisis Faktor Penyebab dan Mitigasi Waste pada Proyek Konstruksi Gedung di Kota Surabaya, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.

M. I. R. Wijaya dan M. Huda, “Analisis Penyebab Terjadinya Sisa Material Proyek Gedung di Surabaya,” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi, vol. 8, no. 2, pp. 149-158, Agustus 2020.

H. S. Cha, J. H. Kim dan J. Y. Han, “Identifying and Assessing Influence Factors on Improving Waste Management Performance for Building Construction Projects,” J. Constr. Eng. Manage, pp. 135: 647-656, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v20i3.13359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats