Analisis Karakteristik dan Preferensi dalam Pemilihan Off-Street Parking Berdasarkan Tipe Fasilitas di Jalan Kapasan dan Kenjeran Surabaya

Dea Adlina Tiara Wibowo, Hera Widyastuti

Abstract


Jenis fasilitas parkir yaitu parkir badan jalan (on-street parking) dan parkir luar badan jalan (off-street parking). Pada Jalan Kapasan dan Kenjeran, masih banyak terdapat on-street parking yang cukup mengganggu lalu lintas. Tujuan penelitian untuk melihat karakteristik responden dan mengidentifikasi preferensinya dalam mengambil keputusan berpindah ke off-street parking. Pengumpulan data dilakukan dengan survei wawancara kepada 156 responden, kemudian dilakukan analisis karakteristik secara deskriptif dan analisis probabilitas serta faktor yang mempengaruhi responden bersedia berpindah ke fasilitas off-street parking dengan menggunakan regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan dari 3 tipe off-street parking yaitu outdoor dan indoor, outdoor saja dan indoor saja, mayoritas responden memilih fasilitas indoor. Faktor yang mempengaruhi preferensi responden adalah kapasitas parkir dengan probabilitas perpindahan terbanyak adalah 92,94% untuk responden dengan pendapat kapasitas parkirnya kurang banyak tersedia

Keywords


off-street parking, on-street parking, regresi logistik biner, sustainable develompment goals no 11

Full Text:

PDF

References


BPS Kota Surabaya, in Figures Kota Surabaya 2021. Surabaya: BPS Kota Surabaya, 2021.

Wikipedia, “Kota Surabaya,” 2021. https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Surabaya (accessed Jul. 06, 2021).

A. Winaya, “On-Street Parking and Traffic Flow Performance at Kapasan Shopping Area Surabaya,” J. Adv. Civ. Environ. Eng., vol. 3, no. 1, p. 9, 2020, doi: 10.30659/jacee.3.1.9-16.

K. J. Herin and J. Akkara, “Study of ‘ On - Street ’ and ‘ Off - Street ’ Parking Choice Behaviour,” Int. J. Adv. Res. Comput. Commun. Eng., vol. 8, no. 1, pp. 79–84, 2019.

E. B. S. Maha, “Analisi Faktor-faktor Pendorong Penyebab Terjadinya Kemacetan di Kawasan Pajus Padang Bulan Medan,” J. Kaji. Ilmu dan Pendidik. Geogr., vol. 05, no. 01, pp. 38–42, 2022.

O. Z. Tamin, “Menuju Terciptanya Sistem Transportasi Berkelanjutan di Kota-Kota Besar di Indonesia,” J. Transp., vol. 7, no. 2, pp. 87–104, 2007.

M. H. Setyawan, H. Widhiarto, and L. E. Fatmawati, “Analisis Kapasitas Parkir Kendaraan di Pasar Kapasan Kota Surabaya,” 2020.

P. J. Romadhona and T. N. Ikhsan, “the Effect of on-Street Parking on U-Turn Area Towards Urban Road Performance (Study Case: Affandi Street, Yogyakarta),” J. Civ. Eng., vol. 36, no. 1, p. 14, 2021, doi: 10.12962/j20861206.v36i1.8929.

Dirjen Perhubungan Darat, Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No. 272/HK.105/DRJD/96 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, vol. 1, no. 1. 1996.

S. Wulandari, “Pengelolaan Parkir Tepi Jalan Oleh UPTD Pengelola Parkir Pada Dinas Perhubungan Di Kota Samarinda,” eJournal Ilmu Adm. Negara, vol. 3, no. 1, pp. 35–46, 2015, [Online]. Available: ejournal.an.fisip-unmul.ac.id.

B. Krisnady and T. Rahayu, “Implementasi Kebijakan Parkir Park and Ride Mayjend Sungkono Pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya,” J. Publika Ilmu Adm. Negara, vol. 8, no. 3, pp. 1–9, 2020.

Y. P. Tama, A. A. Putri, and M. W. Madani, “Integration of a Sustainable Transportation System in the Ubud – Bali Tourism Area,” J. Multimodal Transp., vol. 19, pp. 10–19, 2021.

N. I. Mukhoyyaroh and H. Widyastuti, “Studi Karakteristik Pedestrian dan Pemilihan Fasilitas Penyeberangan Menggunakan Metode Revealed Preference,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 18, pp. 145–154, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v20i3.13614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats