Kepuasan Pengguna dan Hambatan BIM di Proyek Al Azhar IIBS Karanganyar

Zuhairidil Abdillah, Annisa Azhar Firdausi, Hendramawat Aski Safarizki

Abstract


BIM meningkatkan efektivitas waktu, tenaga, dan biaya dalam perencanaan pembangunan, memudahkan pengolahan data, dan pembuatan desain material model 3D. Pekerja proyek Al Azhar IIBS sebagian perencanaan sudah menerapkan BIM dan lainnya masih konvensional. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kepuasan dan hambatan penerapan tekla BIM di lingkungan proyek. Penelitian menggunakan metode pengisian kuesioner skala likert 5 poin, respon data diuji validitas dan reliabilitas dengan SPSS’25. Hasil penelitian tingkat kepuasan software BIM dapat dilihat dariaa: Kecepatan dan akurasi desain (X12) merupakan indikator dari kepuasan presisi, kejelasan detail (X1) adalah yang paling dominan dengan nilai mean 3,840; Informasi terintegrasi (X22) merupakan indikator kepuasan otomatisasi terhadap output (X2) paling dominan dengan nilai mean 3,760; dan Teknologi BIM dapat meningkatkan kinerja (X35) merupakan indikator kepuasan efisien dan penghematan manajemen (X3) paling dominan dengan nilai mean 4,200. Hambatan penerapan Tekla BIM ialah tingkat ketersediaan perangkat keras (X45) paling dominan dengan nilai mean 4,360.

Keywords


BIM, Kepuasan Pengguna, Hambatan

Full Text:

PDF

References


Fakhruddin, Fakhruddin. "Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Teknologi Building Information Building (BIM) Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa." JURNAL TEPAT: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat 4.2 2021.

Minawati, Retno. "Manfaat Penggunaan Software Tekla Building Information Modeling (BIM) Pada Proyek Design-Build." JURNAL DIMENSI UTAMA TEKNIK SIPIL 4.2 2017.

Muhsin, Ardhiana. "Perbandingan Antara Alur Kerja BIM Dengan CAD Pada Proses Renovasi Rumah Tinggal." Jurnal Arsitektur TERRACOTTA 2.3 2021.

Mafrul, Afridel. "Pengaruh Pengaturan Jadwal Dan Bar Bending Schedule Dengan Building Informationmodeling (Bim) Allplan." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik [JIMT] 2.1 2022.

Mieslenna, Cindy F., and Andreas Wibowo. "Mengeksplorasi Penerapan Building Information Modeling (BIM) Pada Industri Konstruksi Indonesia Dari Perspektif Pengguna." Jurnal Sosial Ekonomi Pekerjaan Umum 11.1 2019.

Hutama, Handika Rizky, and Jane Sekarsari. "Analisa faktor penghambat penerapan building Information modeling dalam proyek konstruksi." Jurnal Infrastruktur 4.1 2018.

Sungkono, Kukuh Kurniawan Dwi. "Aplikasi Building Informasi Modeling (BIM) Tekla Structure Pada Konstruksi Atap Dome Gedung Olahraga UTP Surakarta." JUTEKS: Jurnal Teknik Sipil 3.2 2018.

Nugraha, Alvi, and Sri Surjani Tjahjawati. "Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan." Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi 3.3 2017.

Yusup, Febrinawati. "Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif." Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7.1 2018.

Halin, Hamid. "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Semen Baturaja di Palembang Pada PT Semen Baturaja (Persero) Tbk." Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen 3.2 2018.

Janti, Suhar. "Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen." Prosiding Snast 2014.

Widyanti, Rina. "ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM." Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam 8.2 2017.

Mukhlis, M. Aziz. "Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J & T di Muara Bulian." Ekonomis: Journal of Economics and Business 3.1(2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v22i3.15626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats